4 Cara Dukung Kesehatan Mental pada Remaja

4 Cara Dukung Kesehatan Mental pada Remaja

Guna memperjelas fungsi psikolog dan psikiater, manakah yg cocok dalam penanganan Kesehatan mental?-ist-

 

 

RADAR BENGKULU - Ungkapan rasa dukungan atau bentuk kasih sayang dari orang tua kepada anak remajanya sangat penting. Terlepas dari keadaan hubungan dari keduanya haromis ataupun menantang, remaja harus tahu orangtua mereka akan selalu mendukung dan membantu mereka dalam hal melalui berbagai kesulitan dan selalu mendampingi setiap saat. 

 

Dilansir dari sumber unicef indonesia, berikut ini adalah empat hal yang bisa dilakukan oleh orangtua saat berkomunikasi dengan anak remajanya untuk mengetahui keadaan juga sekaligus menunjukkan kehadiran orangtua bagi anak. 

 

1. Mendorong remaja agar mau mengungkapkan perasaan

Sebagai orangtua tentu harus banyak berkomunikasi dengan anak, dan mencari cara agar terjalinnya sebuah percakapan. Oleh  sebab itu orangtua dapat merlakukannya sambil meminta anak untuk ikut mengerjakan sesuatu msialnya membantu menyiapkan makan malam, kesempatan ini dapat mernjadikan momen bagi orangtua agar banyak bertanya lebih tentang pengalaman dan aktifitasnya sehari hari. 

BACA JUGA:Jejak Sejarah Peninggalan Bung Karno di Bengkulu Masih Terawat dan Jadi Objek Wisata

Orang tua juga selalu berperan untuk menyampaikan bahwa mereka selalu ada untuk anak anaknya dalam keadaan apapun. Tentunya hal ini bahwa orang tua ingin mengetahui  perasaan dan pikiran anak remajanya. Dengan beberapa kata sederhana bernada positif dapat membantu remaja merasa nyaman untuk menceritakan perasaan dan pikirannya. 

 

Selain itu orangtua harus meneerima dan juga dapat memahami emosi yang sedang dialami si remaja, walauapun rasanya tidak nyaman, saat si anak bercerita orangtua harus merespon dengan baik dan bernada lembut.

 BACA JUGA:Pelaku Intip Ibu Muda Mandi Ternyata Masih Ada Hubungan Saudara, Ini Ancaman Hukumannya

Orangtua mungkin cenderung lebih mudah meilhat perlikau yang tidak disukai dari remaja, namun hal itu sebagai orangtua juga perlu untuk mengapresiasi perilaku baik mereka termask hal hal sederhana seperti membereskan rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu