Mengenal Olahraga Trail Run, Mulai Populer Sejak 1990

Mengenal Olahraga Trail Run, Mulai Populer Sejak 1990

mengenal olahraga trail run yang berkembang di Indonesia-ist-

 

RADAR BENGKULU - Trail Run mulai diadakan di Indonesia sekitar 4-5 tahun yang lalu. Olahraga Trail Run ini bisa dibilang merupakan evolusi dari ultralight backpacking yang meski sangat populer di luar negeri, namun kurang populer di Indonesia. Backpacking ultralight melibatkan pendakian dengan  beban  seringan mungkin di bahu Anda. 

 

Popularitas  lari  mulai meningkat pada pertengahan tahun 1990-an. Dalam beberapa dekade terakhir, semakin banyak orang yang tertarik dengan lari trail  karena bisa merasakan serunya berlari di tengah alam. 

 

Pada tahun 2013, International Trail Running Association (ITRA) didirikan untuk mempromosikan lari trail di seluruh dunia. Sejak tahun 2015, lari trail telah diakui sebagai salah satu cabang olahraga. 

Di Indonesia saat ini mulai popular berbagi kejuaraan terus digelar baik di kanca nasional maupun daerah. Untuk menaunginya, olahraga ini memiliki organisasi resmi yang terdaftar sama seperti cabang olahraga pada umumnya. 

 

Organisasi olahraga lari trail ( Trail Run) ini bernama Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI), dimana ALTI merupakan  organisasi  lari trail yang ada di Indonesia. ALTI memantau seluruh aktivitas lari trail di Indonesia yang dicatat oleh komunitas lari maupun penyelenggara acara. Semoga dengan adanya ALTI, trail running di Indonesia semakin berkembang di kancah internasional.

BACA JUGA:Adventure Wisata Bukit Hitam Kepahiang, Dari Kebun Teh Hingga Air Terjun Bidadari

Untuk di provinsi Bengkulu ALTI sudah berdiri sejak bulan Oktober 2021 yang diketui oleh Juliandi Dwi Putra alumni universitas Bengkulu yang juga gemar berpetualang alam bebas. Saat ini ALTI Bengkulu telah beberapa kali mengikuti kejuaran nasional dan ALTI Bengkulu juga sudah sering membuat kejuaran tingkat daerah.

Lari trail ini tidak hanya bagus untuk olahraga dan kesehatan tubuh pada umumnya, dibalik itu kegiatan lari trail yang kerap dilakukan di medan alam bebas bisa berdampak pada promosi wisata dan meningkatkan ekonomi wisata di lokasi kegiatan.   

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga Kardio Beserta Manfaatnya, Mudah dan Praktis Dilakukan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: