Begini Cara Merawat dan Menjinakan Burung Pleci

Begini Cara Merawat dan Menjinakan Burung Pleci

cara menjinakan burung pleci-Ist-

Melakukan Pengembunan secara Rutin

Cara merawat burung pleci selanjutnya adalah pengembunan. Dulur bisa melakukan pengembunan secara rutin di luar ruangan mulai jam 05:00 – 06:00 WIB hingga matahari terbit atau dari subuh ke pagi hari.

BACA JUGA:Burung Sogon Kecil jadi idola Baru Kicau Mania

Tujuan dari pengembunan ini sendiri adalah agar burung pleci bisa menghirup udara segar di pagi hari. Hal ini juga bisa melatih organ pernapasan dari burung pleci. Karena pernapasan penting dan berpengaruh pada suara kicauan burung pleci.

 

Jika dulur memiliki beberapa burung pleci, jangan lupa untuk meletakkan sangkar yang satu dengan lainnya dalam posisi yang berjauhan. Tujuannya agar burung pleci bisa bersuara lebih lantang dan juga lebih keras saat berkicau.

Rutin Memandikan Burung Pleci dan Menjemurnya di Pagi Hari

BACA JUGA:4 Keunikan Burung Kolibri Ninja, Nomor 1 Bisa Terbang Mundur, Jenis Betina Bisa Nyamar Jadi Jantan

Dulur perlu dengan rutin menjaga kebersihan habitat dan juga tubuh burung pleci. Dulur bisa memandikan burung pleci di pagi hari sebelum matahari menyingsing.

 

Selain itu, dulur bisa menggunakan sprayer atau alat semprot untuk memandikan burung pleci. Dulur juga bisa menyiapkan wadah berisi air yang diletakkan dalam kandang, karena burung pleci bisa mandi sendiri. 

 

Namun, setelahnya dulur perlu menjemur burung pleci agar badannya kering dan tidak berjamur. Serta penjemuran ini juga bisa membuat burung pleci mendapatkan manfaat baik dari sinar matahari pagi.

 

BACA JUGA:6 Cara Merawat Burung Kenari yang Istimewa Kesayangan Bangsawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: