Program Penanganan Sampah di Kelurahan Pasar Mulia Dipuji Bupati Gusnan Mulyadi

 Program Penanganan Sampah di Kelurahan Pasar Mulia Dipuji Bupati Gusnan Mulyadi

Bupati Bengkulu Selatan,Gusnan Mulyadi mengapresiasi Pak Lurah Pasar Mulia yang sudah menjalankan program dari Pemerintah Daerah-Fahmi-radarbengkulu

 

RADARBENGKULU - Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi,SE.MM berterima kasih kepada salah seorang lurah yang ada di Kecamatan Pasar Manna yang telah merealisasikan program penangan sampah dengan pengadaan sepeda motor roda tiga, sehingga tidak akan ada lagi persoalan sampah yang menumpuk di kelurahan tersebut.

 

"Kita meminta kepada Kelurahan dan Pemerintah Desa  untuk memfasilitasi wilyahnya dengan jaringan internet, selain kebutuhan kantor bisa juga digunakan oleh masyarakat sekitar. Terkhusus penangan sampah ini, kita harapkan jangan berpatokan dengan waktu,"papar Gusnan di Kecamatan Pasar Manna Kamis (9/11).

 

Artinya, sampah yang sudah ada segeralah untuk diangkut dan buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).Kalau sampah tersebut diangkut sesuai jadwal, maka banyak efek yang ditimbulkan. Seperti bau sampah yang mulai membusuk.

 

Seperti contoh, kalau ada dalam satu wilayah tersebut melakukan hajatan, sudah bisa dipastikan sampah akan bertumpuk dan ini harus segera dibersihkan. Jangan dibiarkan sesuai jadwal pengangkutan. Apalagi kalau dalam satu hari ada dua atau tiga rumah yang melakukan hajatan, volume  sampah pasti bertambah.

 

"Bukan itu saja, program yang kami sampaikan, mengingat di Kelurahan maupun di Pemerintah Desa sudah mempunyai anggaran tersendiri. Untuk itu kami harapkan bisa melakukan pengadaan alat pemadam kebakaran sederhana. Seperti mesin pompa air. Karena kalau kita mengandalkan dari pihak Pemadam,  wilayah - wilayah yang ada di Bengkulu Selatan jarak tempuhnya cukup memakan waktu, sehingga pemadaman akan memakan waktu yang cukup lama,"papar Gusnan.

 

Camat Pasar Manna, Mimi Herawati,M.Pd,  mengapresiasi  Lurah Pasar Mulia yang telah menganggarkan kendaraan tersebut, sehingga persoalan sampah tidak  lagi menjadi keluhan masyarakat.

 

"Terkait bagaimana nanti mekanisme pengoperasiannya, kita serahkan langsung kepada masyarakat. Apalagi disini juga ada ormas pemuda. Semoga dengan terjaganya kebersihan lingkungan kehidupan masyarakat juga akan menjadi sehat,"pungkas Mimi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu