Pengadilan Akhirat

Pengadilan Akhirat

M. Sururi, S.Th.I., M.H-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Waktu berlalu begitu cepat. Tak terasa, hari ini kita sudah memasuki hari Jumat. Untuk  kali ini, redaksi menurunkan khutbah Jumat berjudul  Pengadilan Akhirat.

Naskah ini ditulis oleh Khatib : M. Sururi, S.Th.I., M.H.I. Khutbah ini akan disampaikannya  di Masjid Besar Al-Amin, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi khutbahnya, silahkan baca langsung tulisannya di bawah ini. Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Jamaah Jumat yang semoga dimuliakan Allah…

Islam telah mengajarkan bahwa perbuatan dan perilaku kita di dunia ada konsekuensinya. Baik di dunia ini maupun di akhirat kelak. Ada penegakan hukum dan keadilan di dunia, sebagaimana ada penegakan hukum dan keadilan di akhirat.

Walaupun realitanya antara keduanya ada perbedaan yang sangat jauh. Pengadilan Allah Ta’ala di Padang Mahsyar nanti amatlah dahsyat dan maha adil. Adapun pengadilan manusia di dunia seringkali jauh dari potret ideal keadilan.

 

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati

Setiap apa yang kita lakukan, sekecil apapun, pasti akan ditulis oleh para malaikat yang mulia. Perkataan, perbuatan, pandangan, keputusan, prasangka, semuanya tidak terlewatkan oleh pena para malaikat.

Allah berfirman yang artinya: “Tiada suatu ucapan yang dia ucapkan, melainkan ada di dekatnya malaikat yang selalu hadir”. QS. Qaf: 18.

 

Perbuatan kita bukan hanya dicatat, namun juga akan diganjar sesuai dengan kadar, kualitas dan jenis yang kita lakukan.

Allah berfirman yang artinya: “Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat debu, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat debu, niscaya dia pun akan melihat (balasan)nya”. QS. Az-Zalzalah: 7-8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu