Kriteria Pemimpin Amanah

 Kriteria Pemimpin Amanah

Drs. H. Alwi Hasbullah-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para pembaca rahimakumullah, tidak terasa hari ini sudah masuk hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat. Kali ini judulnya adalah Kriteria Pemimpin Amanah.

Naskah ini ditulis oleh khatib bernama  Drs. H. Alwi Hasbullah. Materi ini akan disampaikannya dihadapan jamaah  Masjid Raya Baitul Izzah, Jalan Raya Pembangunan Kelurahan Padang Harapan, Kecanatan Ratu Agung Kota Bengkulu.

 

Apa saja kriterianya, silahkan baca langsung materinya di bawah ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah SWT

Dalam khutbah Jumat di awal Desember ini, khotib akan menyampaikan uraian singkat tentang “KRITERIA PEMIMPIN AMANAH”. Tentunya berdasarkan petunjuk  Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW. 

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim disebutkan bahwa pada suatu hari Abu Dzar Al￾Ghifari meminta kepada Nabi Muhammad Saw agar diangkat  sebagai pejabat (semacam walikota).

 

Sembari menepuk-nepuk pundaknya, Nabi menolak permintaan itu dan berkata, “Tidak, Abu Dzar. Engkau orang lemah. 

Ketahuilah, jabatan itu amanah. Ia merupakan kehinaan dan penyesalan pada hari kiamat, kecuali bagi orang yang mendapatkannya secara benar dan  mempergunakannya dengan benar pula.'' (HR Muslim).

 

Hadis ini menarik untuk kita pahami pada saat  bangsa Indonesia sedang mencari dan akan memilih pemimpin dalam Pemilu 2024 nanti.

Kalau kita cermati hadis di atas, dapat kita simpulkan bahwa seorang pemimpin tidak cukup hanya baik secara moral. Tapi seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan dan  integritas sekaligus yang dalam hadis ini disebut amanah dalam bahasa Al-Qur’an Al-Amin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu