Wajib Tahu, Ini Metode Pengobatan Sesuai Sunnah Agama Islam

Wajib Tahu, Ini Metode Pengobatan Sesuai Sunnah Agama Islam

Metode pengobatan yang disunnahkan dalam Islam -Ist-

 

RADAR BENGKULU - Ada beberapa alasan mengapa orang yang sakit mencari pengobatan. Perintah ini berdasarkan sabda Nabi SAW dalam beberapa hadis.

Ada berbagai metode pengobatan berdasarkan ajaran Islam. Dikutip dari sumber detik.com, di bawah ini adalah dua metode pengobatan sesuai Sunnah Islam.

 

1. Pengobatan dengan ruqyah dan doa

BACA JUGA:Jika Sudah Ada 20 Tanda Ini, Sebaiknya Segera Ruqyah

Metode pengobatan dalam islam selain bekam adalah terapi pengobatan melalui ruqyah dan pembacaan doa diperbolehkan selama pembacaan doa tersebut termasuk dalam kategori “dzikir SWT kepada Allah” dan pengucapannya dapat dimengerti. Jika pengucapannya sulit dipahami, bisa jadi berujung pada kemusyrikan.

Auf bin Malik meriwayatkan, "Pada masa jahiliah, kami melakukan pengobatan dengan cara ruqyah, kemudian kami bertanya kepada Rasulullah, 'Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang hal ini?' Rasulullah lalu bersabda, 'Tampakkanlah kepadaku sistem ruqyah kalian. Tidak apa-apa melakukan pengobatan dengan ruqyah selagi di dalamnya tidak mengandung unsur kemusyrikan.'." (HR Muslim dan Abu Daud)

BACA JUGA:Ini Cara Pengobatan Dalam Islam dan Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan

2. Pengobatan dengan bekam

Terapi sunnah selanjutnya adalah bekam. Bekam atau Hijamah artinya menghisap dan mengeluarkan darah dari permukaan kulit dan ditampung dalam botol khusus, sehingga darah tersebut dihisap dan dikeluarkan. Kulitnya kemudian dipotong dengan pisau atau jarum untuk diambil darahnya.

BACA JUGA:Harap Disimak, Metode Pengobatan Ini Dilarang Bagi Umat Muslim

Bekam adalah pengobatan yang melibatkan penyedotan kulit di area tertentu. Tujuan bekam adalah mengeluarkan racun dan oksidan dari dalam tubuh dengan cara membuat sayatan tipis pada pembuluh darah tepi di lapisan epidermis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: