Ini Penyebab Jerawat Tumbuh di Wajah, Dan Begini Cara Pencegahannya

Ini Penyebab Jerawat Tumbuh di Wajah, Dan Begini Cara Pencegahannya

penyebab jerawat tumbuh dan cara mencegahnya-foto grid.id-

 

RADAR BENGKULU - Pada usia remaja biasanya wajah kita akan ditumbuhi jerawat. Hal ini terkadang menjadi persoalan tersendiri bagi para remaja dan tentu akan berusaha agar jerawat tidak tumbuh lebih banyak lagi di wajah.

 

Keberadaan jerawat di wajah terkadang juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Lalu apa sih penyebab jerawat tumbuh di wajah? melansir dari banyak sumber ternyata tumbuhnya jerawat di wajah disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

 

1. minyak wajah atau sebum yang berlebihan di wajah ternyata dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. sebum merupakan minyak alami yang terdapat di wajah kita. sebum ini berfungsi agar kulit wajah tetap lembap. 

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Skincare untuk Atasi Jerawat? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Mau Kulit Wajah Tetap Mulus? Cobain 5 Cara Aman Ini, Jerawat Tidak Bakal Tumbuh

2. adanya sel kulit yang mati, memang secara alami sel kulit wajah akan mengelupas seiring berjalannya waktu dan berganti dengan sel kulit yang baru. Namun, sel kulit ini tidak bisa begitu saja terlepas, maka perlu dibersihkan melalui aktivitas cuci muka dengan air bersih. Jika sel kulit wajah yang mati ini menumpuk di pori-pori, maka tentu dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga tumbuhlah jerawat.

3. Ulah Bakteri Propionibacterium acnes, tim medis telah melakukan penelitian dan hasilnya ternyata ada Bakteri Propionibacterium acnes yang memang secara alami hidup di kulit. Bakteri ini sangat cepat berkembang di pori-pori wajah yang tersumbat, sehingga bisa menyebabkan peradangan dan jerawat.

BACA JUGA:8 Khasiat Jambu Biji untuk Kesehatan, Nomor 5 Bisa Obati Jerawat dan nomor 8 Atasi Nyeri Haid

BACA JUGA:5 Tips Memilih Hp untuk Anak Usia Remaja, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan? Selengkapnya Disini

4. Perubahan hormonal juga menjadi pemicu tumbuhnya jerawat di wajah, disini dijelaskan bahwa jerawat sering tumbuh pada masa puberitas, pada masa kehamilan, dan menstruasi. Hal itu karena faktor perubahan hormonal yang terjadi dimasa-masa itu.

5. pengaruh obat-obatan, untuk dipahami agar jangan asal-asalan menggunakan obat untuk membersihkan wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: