Jembatan Elevated DDTS Dijamin Kuat Menahan Beban Hingga 16 Ton, Tapi...

Jembatan Elevated DDTS Dijamin Kuat Menahan Beban Hingga 16 Ton, Tapi...

RADAR BENGKULU - Pemerintah Provinsi merayakan moment Bersejarah dengan melakukan peresmian Pembangunan Jembatan Elevated di Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) di Kawasan Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu.

Jembatan Elevated diresmikan langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Jembatan Elevated ddts ini mampu menahan beban hingg 16 Ton.

 

Disampaikan Kadis PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso, mengungkapkan bahwa mega proyek dengan menghabiskan APBD Rp 87 miliar itu memiliki status jalan kelas tiga dengan kapasitas bobot antara 8 hingga 10 ton. Meskipun demikian jembatan tersebut mampu dilewati standar bobot kendaraan 16 Ton.

BACA JUGA:Jembatan Elevated di Wisata DDTS Sudah Diresmikan, Kualitas Diuji Ahli UGM

"Jembatan ini dapat menampung kendaraan dengan bobot standar. Namun, estimasi bahwa jalan ini masih mampu menahan beban hingga 16 ton. Tapi kalau keseringan dilewati dengan berat 16 ton juga akan cepat rusak," ungkap Tejo.

 

Ditambahkan Tejo, meskipun dapat dilewati kendaraan dengan bobot standar, aturan ketat berlaku untuk kendaraan dengan bobot di atas 16 ton yang tidak diizinkan melintas. Sehingga ke depannya Pemerintah Provinsi Bengkulu akan memasang Rambu-rambu di Jembatan tersebut.

BACA JUGA:Anggota DPRD Diamankan Terjerat Narkoba, 1 Tahun BNN Bengkulu Ringkus 21 Tersangka

"Nanti akan kita pasang Rambu-rambu untuk dilarang kendaraan yang melebihi bobot 16 Ton," tambah Tejo.

 

Dijelaskan Tejo, pembangunan jembatan ini berhasil diselesaikan dalam waktu 270 hari, lebih cepat dari target awal yang ditetapkan selama 300 hari. Total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp87,9 miliar, yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu.

Proyek ini melibatkan pembangunan jembatan sepanjang 450 meter, pembangunan jalan baru sepanjang 325 meter, serta pelebaran dan pemeliharaan berkala jalan sepanjang 1.388 meter.

BACA JUGA: Titik Nol 27 Desember, Bupati Mian Bersama Dirjen Cipta Karya BPPW Tinjau Pembangunan Pasar Purwodadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: