Provinsi Bengkulu Menuju Pemerintahan Digital, Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan

Provinsi Bengkulu Menuju Pemerintahan Digital, Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan

DPRD Provinsi Bengkulu Dorong Pemerintahan Digital untuk Meningkatkan Peradaban dan Efisiensi Birokrasi-Dokumen RBO-

 

RADAR BENGKULU - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, menyoroti pentingnya pemerintahan digital sebagai kunci percepatan perkembangan peradaban dan peningkatan efisiensi di birokrasi.

Dempo memberikan dorongan kuat untuk mengubah paradigma tradisional menuju pemerintahan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, terutama generasi muda.

 

"Adaptasi digital di berbagai aspek kehidupan, khususnya oleh generasi muda, menjadi krusial. Ia menekankan perlunya keterampilan menggunakan teknologi digital untuk keperluan pendidikan, kebutuhan sosial, dan ekonomi guna membangun masa depan yang lebih baik." Katanya 

 

Dalam upayanya untuk memajukan pemerintahan digital, Dempo berharap agar Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat mengatasi hambatan birokrasi yang selama ini menghambat kemajuan. Ia mencatat bahwa proses izin dan tanda tangan gubernur yang memakan waktu berbulan-bulan dapat diatasi dengan adopsi pemerintahan digital.

Dengan tanda tangan digital dan proses izin online, diharapkan akan mempercepat dan memudahkan berbagai kegiatan administratif.

 

"Selama ini sering kali masyarakat mengalami, misalnya masyarakat ingin melakukan izin harus bertemu dengan proses A dan Proses- proses lainya kemudian harus menunggu tandatangan Gubernur harus berbulan-bulan. Maka dengan pemerintahan digital, gubernur bisa tandatangan melalui digital. Ketika masyarakat harus mau izin bisa melalui online," Ujar Dempo yang juga merupakan Caleg DPRD Provinsi Bengkulu dapil Kota Bengkulu. 

 

Dempo bermimpi tentang transformasi lebih lanjut, seperti pengurusan BPJS dan pendidikan yang dapat dilakukan secara online.

Berkeyakinan jika nantinya dengan cepatnya perkembangan teknologi saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa penggunaan ijazah digital yang dapat diakses melalui barcode, mengurangi ketergantungan pada dokumen fisik.

Maka menurut Dempo, bahwa pemimpin yang cerdas, terutama dari kalangan anak muda, yang dapat mendorong inovasi dalam sistem pemerintahan digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: