11 Gereja Tertua dan Terindah di Indonesia, Berikut Sejarah Berdirinya

11 Gereja Tertua dan Terindah di Indonesia, Berikut Sejarah Berdirinya

Berikut ini 11 Gereja tertua dan terindah di Indonesia, berikut sejarah pembangunannya-Ist-

 

5. Sejarah Gereja Blenduk – Semarang

Nama Blenduk milik gereja ini sebenarnya merupakan julukan masyarakat setempat untuk menggambarkan kubah milik gereja ini. Nama asli gereja ini adalah GPIB Immanuel dan dibangun oleh orang Belanda yang tinggal di kota Semarang pada tahun 1753. Hal ini menjadikan gereja ini terletak di Jalan Letjend. Suprapto merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah.

Gereja Blenduk memiliki kubah besar berlapis tembaga dan organ barok di dalamnya. Gereja ini direnovasi pada tahun 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde yang menambahkan dua menara di depan gereja ini. Hingga saat ini, Gereja Blenduk masih beroperasi sebagai gereja.

 

6. Sejarah Kuil Hati Kudus Yesus – Yogyakarta

Jika sebelumnya kita melihat gereja yang bentuknya mirip candi, gereja tertua di Yogyakarta ini sekilas terlihat seperti tempat ibadah umat Hindu, mirip dengan patung dan stupa candi.

Selain adanya candi di kompleks gereja, gambar Yesus di gereja ini juga digambarkan sebagai raja Jawa di dalam candi. Gereja ini didirikan oleh keluarga Schutzer, keluarga Belanda, pada tahun 1930 dengan arsitektur yang menyandang ciri akulturasi budaya Hindu Jawa dengan ajaran Kristen.

 

7. Sejarah Gereja Ayam – Jakarta

Gereja Ayam merupakan salah satu gereja kuno ikonik di Jakarta. Disebut Gereja Ayam karena pada atap gereja terdapat penahan angin berbentuk ayam.

Terletak di kawasan Pasar Baru, gereja ini dibangun oleh Ed Cuypers dan Hulswit antara tahun 1913 hingga 1915, sebagai peninggalan pemerintah kolonial Belanda. Melihat gereja ini Anda bisa merasakan perpaduan kuat arsitektur Italia dan Portugis.

 

8. Sejarah Gereja Immanuel – Jakarta

Gereja tertua kedua di Indonesia ini juga terletak di Jakarta, tepat di seberang Stasiun Gambir. Gereja itu disebut Imanuel. Gereja yang dibangun dalam waktu 4 tahun terhitung sejak tahun 1845 ini tidak hanya sarat akan nilai sejarah dalam mengembangkan doktrin kristiani namun juga memiliki arsitektur yang sangat indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: