Pentingnya Baca Doa Akhir dan Awal Tahun, Begini Ulasannya

Pentingnya Baca Doa Akhir dan Awal Tahun, Begini Ulasannya

Hukum baca doa Akhir dan Awal Tahun Baru, berikut Penjelasannya!-Ist-

 

RADAR BENGKULU - Tahun 2023 telah berakhir dan sudah penyambutan tahun baru 2024. Momen ini biasanya dimanfaatkan umat Islam untuk berdoa kepada Allah SWT. 

 

Menurut kalender Masehi, akhir dan awal tahun dirayakan dari bulan Desember hingga Januari. Sedangkan jika mengacu pada penanggalan Hijriah, dirayakan mulai akhir bulan Zulhijjah hingga Muharram.

 

Lalu bagaimana aturan membaca doa akhir tahun dan awal tahun dalam Islam? Dan adakah doa khusus yang patut diamalkan di akhir dan awal tahun?

BACA JUGA:Selain Tahajud, Ini 5 Keistimewaan Shalat Sunnah Malam yang Bisa Dikerjakan

BACA JUGA:Ini Doa Sholat Hajat dan Manfaatnya Untuk Merubah Nasib Anda

Hukum Sholat di Akhir dan Awal Tahun Faktanya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa doa harus dibacakan pada akhir tahun Masehi. Hukum dan syarat-syaratnya tidak dijelaskan secara jelas dalam Al-Quran maupun Hadits.

 

Secara umum, Allah SWT menganjurkan umat Islam untuk berdoa dalam segala situasi. Ada doa dalam hal besar dan kecil. Hal tersebut dijelaskan Dafid Fuadi Aswaja selaku Kelompok Kajian PWNU Jawa Timur NU Pusat Kajian Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah tentang Usul Sholat Akhir dan Awal Tahun. Daud menyebutkan pentingnya shalat sebagaimana disebutkan Allah SWT dalam firman-Nya:

BACA JUGA:Doa Menyambut Tahun Baru untuk Kesuksesan, Kesehatan dan Kedamaian di Tahun 2024

BACA JUGA:Berani Siaran Langsung Saat Menginap di Hotel Jepang? Cukup Bayar Rp 15 Ribu

"Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Al-Baqarah Ayat 186)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: