Ada 4 Sholat Sunnah Jumadil Awal, ini Penjelasannya!

Ada 4 Sholat Sunnah Jumadil Awal, ini Penjelasannya!

Berikut penjelasan 4 sholat Sunnah Jumadil awal di tahun 2024-Ist-

RADAR BENGKULU - Kalender Hijriah atau penanggalan Islam mempunyai 12 bulan yang dimulai dari bulan Muharram. Sedangkan bulan kelima dalam penanggalan ini adalah Jumadil Awal. Pada tahun 1445 Hijriah.

 

Seperti bulan-bulan lainnya, umat Islam dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan Sunni selama bulan Jumad Awal. Di bulan kelima Hijriah, ada 4 salat sunnah berbeda yang bisa dilakukan umat Islam.

 

Berikut empat salat sunnah Jumadil Awal yang dikutip dari Buku Harian Umat Islam Oleh Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid (2015).

BACA JUGA:Bus Listrik Medan Sudah Beroperasi dan Masih Gratis, Ini Rute dan Jadwalnya

BACA JUGA:Ini Doa Sholat Hajat dan Manfaatnya Untuk Merubah Nasib Anda

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Sholat Sunnah Rawatib, Berkah Surga dan Terhindar dari Neraka

1. Sholat malam pertama bulan Jumadil Awal

Sebagian ulama berpendapat bahwa umat Islam wajib melaksanakan shalat Sunni pada malam pertama bulan Jumadil Awal. Sholat ini dilakukan dalam dua rakaat, dengan rakaat pertama membaca Al-Fatihah, dilanjutkan dengan Surah Al-Jumuah. Sedangkan pada rakaat kedua disunnahkan membaca Surat Al-Muzzamm setelah Surat Al-Fatihah.

 

2. Sholat sunnah hari pertama

Disunnahkan melaksanakan shalat sunnah empat rakaat pada hari pertama bulan Jumadil Awal. Setiap rakaat setelah Al-Fatihah hendaknya membaca Surat An-Nashri sebanyak 7 kali.

Berikut bacaannya: Idzaa jaa-a nashrullaahi Wal fath. wa ra-aitan naasa yadkhuluuna fii diinillaahi afwaajaa. Fasabbih bihamdi rabiika wastaghfir. Innahuu kaana tawwabaa. Kapan datang pertolongan dan kemenangan dari Allah. Dan Anda melihat orang-orang memasuki agama Tuhan. Maka pujilah Tuhanmu dan mohon ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Penerima taubat. (An-Nashr [110]: 1-3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: