Bengkulu Creative Hub Sedang Digagas

Bengkulu Creative Hub Sedang Digagas

Bengkulu Creative Hub akan segera hadir di Bengkulu. "Bengkulu Creative Hub" atau nama lain "Tobo Kreatif Bengkulu" saat ini sedang berproses secara on the track-naura-

 

 

RADAR BENGKULU -  Bengkulu Creative Hub akan segera hadir di Bengkulu.  "Bengkulu Creative Hub" atau nama lain "Tobo Kreatif Bengkulu" saat ini sedang berproses secara on the track. Direncanakan akan dibentuk ditahun 2024 ini. 

"Untuk pertama kalinya Provinsi Bengkulu hadir Bengkulu Creative Hub, yang dengan harapan ekonomi kreatif Bengkulu itu maju dengan pesat dan kolaborasi-kolaborasi yang terjadi itu benar memberi efek yang baik terhadap perkembangan ekonomi kreatif ini," Kata Ketua Tim pembentukan  Bengkulu Creative Hub, Rommi Roestam S. Sn di Aula Dinas Pariwisata, Kamis, 1 Februari 2024.

Rommi menyebut keberadaan Bengkulu Creative Hub sangatlah penting. Selain sebagai wadah para seniman, pelaku indusrti UMKM Bengkulu Creative Hub diyakini akan mampu membangkitkan kreativitas, inovasi UMKM Bengkulu dengan 17 sub sektor usaha serta para seniman Bengkulu. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Fitur AI yang Menjadi Favorit Konsumen Samsung Galaxy S24 Series, Memang Luar Biasa Canggih

BACA JUGA:Bank Bengkulu MoU Bersama Pemkot Bengkulu Tentang Layanan Perbankan Elektronik dan Digital Dalam APBD

Creative hub merupakan tren penting yang muncul bagi para changemaker muda. Dan sudah lama dinantikan para seniman dan UMKM Bengkulu  

Sisi lain, Definisi creative hub sendiri berdasarkan penelitian British Council adalah sebuah tempat yang menyatukan orang-orang kreatif dengan menyediakan ruang dan dukungan untuk pengembangan jejaring, pengembangan bisnis, dan keterlibatan masyarakat dalam sektor kreatif, budaya, dan teknologi. 

 

Secara praktis definisi ekonomi kreatif melingkupi tiga karakteristik yaitu kekayaan intelektual, kreativitas dan memiliki nilai tambah. Data sementara dari orang-orang ekonomi kreatif di Bengkulu ini ada sebanyak 476. Dari jumlah 476 tersebut, terbagi lagi menjadi 17 sub sektor. 

 

"Dan untuk tahapannya sudah mulai on the trek, jadi sudah ada dasar hukumnya baik itu di kementerian maupun di daerah, beberapa waktu yang lalu rapat koordinasi sudah terjadi dan pengurus inti sudah terbentuk dan dihari ini berkumpul kembali dan mengundang beberapa praktisi ekonomi kreatif di Bengkulu dan yang kita undang ini adalah kawan-kawan yang sudah kita liat selama ini punya produk dan yang sudah memiliki integritas. Dengan kita yang menitip harapan kepada kawan-kawan semua adalah orang-orang yang mampu bersinergi dengan baik dan mampu kedepannya mewujudkan Bengkulu Creative Hub ini terjadi. Pada rapat hari ini kita melihat bagaimana kawan-kawan ekonomi kreatif ini sangat antusias dengan Bengkulu Creative Hub ini." Ujarnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: