Atasi Ancaman DBD, Dinas Kesehatan Seluma Sudah Siapkan Bubuk Abate

Atasi Ancaman DBD, Dinas Kesehatan Seluma Sudah Siapkan Bubuk Abate

Inilah Kantor Dinas Kesehatan Seluma-Wawan-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU  - Mewaspadai ancaman Demam Berdarah Dengue, Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma menyiapkan bubuk abate secara gratis bagi warga di sejumlah desa/kelurahan yang membutuhkan untuk membasmi jentik nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Seluma, Muhirin, mengatakan, selain membagikan kepada warga, bubuk abate tersebut juga disediakan di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Seluma, agar dapat ditaburkan ke tempat penampungan air milik warga.

BACA JUGA:Sudah Serahkan C1, Bupati Seluma Nyoblos di TPS 4 Lubuk Lintang

 

"Saat ini bubuk abate tersedia di semua Puskesmas di Seluma. Itu diberikan secara cuma-cuma atau gratis. Kami juga masih intensif melakukan pengasapan (fogging) di wilayah desa atau kelurahan yang terdapat kasus DBD, tetapi itu sifatnya hanya sementara," sampai Muhirin.

Ia menambahkan, setiap kepala keluarga (KK) akan diberikan bubuk abate secukupnya sesuai kebutuhan. Ini mengingat dosis bubuk abate yang akan ditaburkan ke tempat penampungan air paling banyak setengah sendok makan.

BACA JUGA:Penanganan Dugaan Pelanggaran Pemilu Dilimpahkan ke Bawaslu Benteng dan Seluma

 

" Untuk dosisnya penaburan bubuk abate cukup setengah sendok makan," ujarnya.

Selain itu, menurutnya pemberian bubuk abate yang paling penting menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta perhatian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Cegah Ancaman DBD, Bupati Seluma Instruksikan Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

 

Muhirin berharap warga waspada terhadap perubahan cuaca dan musim saat ini. Karena, banyak berkembang sumber penyakit. Seperti nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

"Kabupaten Seluma ini adalah daerah endemik Malaria dan DBD, sehingga menjadi perhatian semua pihak untuk mengantisipasinya. Tidak hanya peran pemerintah, tetapi juga masyarakat." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu