Tips Membuat Kue Bugis ala Orang Sunda

Tips Membuat Kue Bugis ala Orang Sunda

Kue Bugis Ala Orang Sunda siap untuk disantap-Cicih Nuryani-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Kue Bugis merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan yang diadonin dengan santan. Setelah itu diisi dengan  kelapa parut yang disiram dengan air gula merah, lalu dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus. Kue tersebut mirip dengan lambang sari.

Dasimah salah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara mengungkapkan, Kue Bugis ini adalah makanan khas masyarakat Sunda. 

BACA JUGA:Resep Ongol-Ongol yang Kenyal dan Lembut, Sekali Makan Mau Makan Lagi

 

''Kue Bugis ini menjadi salah satu panganan yang dihadirkan dalam resepsi pernikahan, khitanan, maupun selamat an. Saat ini Kue Bugis sering pula dinikmati sebagai cemilan saat minum kopi atau teh,"tutur warga Trans asal Jawa Barat ini kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Minggu, 18 Februari 2024.

Cara membuat adonan Kue Bugis adalah dengan menggunakan 250 gram tepung ketan, 1/4 sdt garam, 200 ml santan, 50 ml air daun suji yang telah dipanaskan.

BACA JUGA:Resep Jitu Kerupuk Jalin ala Pabrik Assyifa Kebun Tebeng Bengkulu

 

Selain itu, untuk membuat isian kue Bugis adalah dengan memasak menggunakan isi kue Bugis 1/2 butir kelapa setengah tua yang telah  diparut memanjang, 100 gram gula merah, 50 gram gula pasir ,1 lembar daun pandan ,1/4 sdt garam ,100 ml air ,dan 1/4 sdt vanili bubuk.

Setelah itu dimasak hingga tercampur dan masak merata dan ditunggu beberapa saat agar isian tidak terlalu panas untuk dicampurkan kedalam adonan kue Bugis.

Tidak lupa pula saat membungkus adonan kue Bugis dengan daun pisang, oleskan terlebih dahulu kedalam minyak manis agar tidak lengket dan sulit untuk dibuka nantinya ketika matang.

BACA JUGA:Resep Ayam Taliwang, Menu Masakan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat

 

"Kue Bugis ini juga merupakan sebagai bagian dari kue basah dan tanpa bahan pengawet. Kue Bugis hanya tahan tiga hari, itupun jika kita kukus kembali,"tuturnya. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu