Harga Cabai Naik, Picu Keributan Rumah Tangga di Seluma

Harga Cabai Naik, Picu Keributan Rumah Tangga di Seluma

Harga cabai merah saat ini di Bengkulu sedang mahal -Azmaliar Zaros-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Kanaikan harga cabai merah besar sejak sekitar tiga hari ini membuat kalangan ibu rumah tangga di Kabupaten Seluma gaduh. Pasalnya, kenaikan harga cabai yang terus melonjak berdampak dengan masalah ekonomi.  

Saat ini harga cabai atau cabe merah besar di sejumlah pasar tradisional dan warung di Kabupaten Seluma naik dari sebelumnya Rp 80 ribu per kilogramnya menjadi Rp 100 ribu per kilogramnya. 

BACA JUGA:Harga Cabai Naik Lagi di Pasar Panorama Kota Bengkulu

 

"Ampun. Harga cabai sejak beberapa hari ini melonjak tajam, terus alami kenaikan," kata Penti, ibu rumah tangga, warga Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma, Rabu, 21 Februari 2024. 

Selain mengganggu selera cita rasa menu masakan dapur, kenaikan harga cabai dapat memicu pertengkaran dalam rumah tangga. 

BACA JUGA:Diikuti 57 Tim, Persatuan Wanita Olah Raga Seluruh Indonesia Seluma Gelar Turnamen Bola Voli Lagi

 

"Kadang masalahnya sepele, suami tanya uang mingguan yang dikasih kemarin buat apa ? Dia curiga, dikira untuk foya-foya.Kebanyakan suamikan tidak memahami segala macam harga kebutuhan naik. Salah satunya harga cabai yang saat ini naik hingga Rp 100 ribu per kilo gramnya," ujar Nuria, IRT warga Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi. 

Sementaranitu, menurut petani cabai, Asnawi warga Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma, kenaikan harga cabai disebabkan terbatasnya stok cabai di pasaran. Hal ini juga dampak mulai menurunnya petani yang menanam cabai akibat tumbang di musim panen musim sebelumnya. 

BACA JUGA:Hasil Sementara, Jatah 8 Kursi untuk Calon Anggota DPRD Seluma Dapil 1 Didominasi Wajah Baru

 

" Banyak petani yang enggan menanam cabai karena tumbang di musim panen musim lalu. Hal ini karena harga cabai di pasaran itu tak menentu,  kadang melejit, dan secara tiba-tiba anjlok," sampai Asnawi. ()

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu