Hebat, Univeritas Terbuka Bengkulu PTN Pertama Jalankan RPL Desa di Luar Jawa

Hebat,  Univeritas Terbuka Bengkulu PTN Pertama Jalankan RPL Desa di Luar Jawa

UT Bengkulu menjadi contoh bagi perguruan tinggi negeri lain untuk dapat melaksanakan RPL di luar pulau Jawa-Adit/Radar Bengkulu-

Pemprov Bengkulu Sediakan Beasiswa bagi Aparatur Perangkat Desa yang Lanjut S1

RADAR BENGKULU - Universitas Terbuka Bengkulu dinilai hebat karena telah mampu menjalankan program Rekognisi Pembelajaran lampau (RPL) pertama diluar pulau Jawa.

Saat ini UT Bengkulu menjadi contoh bagi perguruan tinggi negeri lain untuk dapat melaksanakan RPL di luar pulau Jawa. 

Menteri Desa PDTT Prof. Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd saat menghadiri RPL Desa 2024 di Bengkulu mengatakan, RPL desa merupakan sebuah program khusus untuk meningkatkan SDM perangkat desa, penggiat desa.

Perguruan tinggi negeri sebagai pelaksana RPL desa di Bengkulu adalah Universitas Terbuka Bengkulu.

Menteri menyebut Pemerintah pusat, pemerintah daerah Provinsi Bengkulu telah memberikan kesempatan dan mendukung penuh bagi perangkat desa yang ingin lanjut kuliah S1 perguruan tinggi negeri. 

"UT Bengkulu sebagai PTN pertama diluar pulau Jawa yang bisa melaksanakan program RPL. Terimakasih juga kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah mendukung program RPL dengan memberikan beasiswa," katanya. 

BACA JUGA:Ragam Jalan Menuju Keshalihan Pribadi dan Sosial

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara Gelar HLM Untuk Stabilisasi Harga Jelang Ramadan

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka Prof. Dr. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D melalui Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Dr. Paken Pandiangan S.Si, M.Si saat peringatan Hari RPL di Bengkulu 8 Maret 2024 menuturkan, Program RPL untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia desa. RPL bisa diikuti  Kepala Desa, perangkat desa, pengurus BUMDes, Tenaga Pendamping profesional dan pegiat desa. 

Jadi Kata Paken, Kades, perangkat desa bisa melanjutkan kuliahnya di UT.  Perangkat Desa, penggiat desa pengalamannya akan diakui sebagai SKS dan akan bebas 2 hingga tiga semester. Tinggal meneruskan lagi untuk mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP) dari UT. 

Paken mengatakan, UT adalah sebuah perguruan tinggi negeri milik pemerintah. Sejak didirikan oleh Presiden, UT diberikan tiga mandat.

Pertama adalah menjadi PTN yang dapat menampung seluruh warga dari kota hingga desa dapat kuliah di PTN. 

Mandat kedua adalah seluruh warga yang memiliki keterbatasan ekonomi dapat tetap kuliah di PTN yakni UT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: