Meraih Ampunan Allah SWT

Meraih Ampunan Allah SWT

M. Sururi, M.H.I-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para pembaca yang dirahmati Allah SWT , tidak terasa hari ini kita sudah memasuki hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat untuk pembaca semua. Judulnya,  Meraih Ampunan Allah SWT.

 

Materi ini ditulis oleh  Ustadz  M. Sururi, M.H.I. Rencananya, materi ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Besar Al-Amin, Jalan RE Martadinata Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu ,Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.



 Jamaah Salat Jumat Rahimakumullah…

Kesalahan dan dosa bagi manusia adalah suatu kelaziman. Tidak ada manusia yang terbebas dari dosa. Setebal apa pun tingkat keimanannya, seluas apa pun ilmunya dan sedalam apa pun ketakwaannya kepada Allah, selama dia adalah manusia, dia pasti suatu kali akan melakukan kesalahan dan dosa.

Allah memang tidak berkehendak menciptakan manusia dalam keadaan bersih dari kesalahan dan sempurna dari dosa, karena Allah hanya menginginkan kesempurnaan untuk diriNya. Persoalan sebenarnya bukan pada manusia yang berdosa dan bersalah, akan tetapi apa yang dilakukan setelah dosa dan kesalahan tersebut?

 

Fiman Allah Ta’ala yang artinya:  “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran: 135).

Nabi Adam telah mengukir keteladanannya dalam hal ini, bukan pada pelanggarannya terhadap larangan Allah. Akan tetapi pada apa yang dia lakukan setelah dia melakukan pelanggaran tersebut. Sebagaimana kisah yang dituangkan dalam al-quran yang artinya:
 “Kemudian Rabbnya memilihnya maka Dia menerima taubatnya dan memberinya petunjuk.” (QS. Thaha: 122).



Jamaah Jumat Rahimakumullah
Di sisi lain, manakala Allah menciptakan Bani Adam dengan kesalahan dan dosanya, Dia pun membuka peluang perbaikan selebar-lebarnya. Dia memanggil dan mengajak hamba-hambaNya agar memanfaatkan peluang tersebut sebaik-baiknya. Dan peluang ini senantiasa terbuka siang-malam sepanjang umur manusia atau umur dunia ini. Peluang tersebut adalah taubat untuk meraih ampunan Allah Ta’ala.  

Firman Allah Ta’ala,


وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنصَرُونَ


“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepadaNya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az-Zumar: 54).



Jamaah Jumat rahimakumullah
Hadirnya Ramadan merupakan salah satu tanda kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya. Allah mengetahui bahwa tidak ada satupun manusia yang sempurna.

Manusia adalah tempat salah dan lupa. Banyak lalai dan dosa yang dilakukan di sepanjang hidup yang dijalani. Oleh sebab itu, Allah sediakan waktu-waktu khusus sebagai kesempatan bagi seorang Muslim untuk menghapus dosa-dosa, sekaligus memperbaiki kualitas imannya. Ramadan adalah salah satu diantara mekanisme yang Allah sediakan untuk hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu