EuroInsight Jalin Kerjasama dengan AQAS Jerman

EuroInsight Jalin Kerjasama dengan AQAS Jerman

Gunar Yadi co-founder sekaligus owner EuroInsight Institute and Consultancy (EI) mengunjungi lembaga akreditasi internasional prodi perguruan tinggi itu di Köln, 5 Februari 2024-ist-

 

RADAR BENGKULU - Memenuhi undangan pimpinan AQAS (Agentur für Qualitätssicherung durch Akkreditierung von Studiengängen), Gunar Yadi co-founder sekaligus owner EuroInsight Institute and Consultancy (EI) mengunjungi lembaga akreditasi internasional prodi perguruan tinggi itu di Köln, 5 Februari 2024.

Di kantor pusat AQAS, Gunar Yadi disambut oleh Dorris Herrmann, Managing Director, dan Ronny Heintze, Deputy Director for International Development.

AQAS mengajak EI menjadi bagian konsultan penyusunan instrumen penilaian diri pra-akreditasi prodi pada perguruan tinggi swasta atau prodi yang baru khususnya di Indonesia. Karena standar yang digunakan AQAS mengacu pada ESG (Standards and Guidelines for Quality Assurance in the European Higher Education Area), maka perlu mekanisme untuk evaluasi diri awal yang akurat sebagai predictor agar upaya akreditasi internasional prodi tersebut pada akhirnya berhasil memenuhi kriteria dan indikator ESG. Alias tidak mubazir.

Menurut kajian terbaru EI, hingga Juli 2023 AQAS merupakan akreditor internasional terbesar kedua di Indonesia setelah ASIIN. Sebanyak 28,6% prodi yang terakreditasi internasional pada PTNBH dan 34,4% prodi pada PTNBLU/SATKER dilakukan oleh AQAS. Sedangkan penguasaan ASIIN mencapai 49% dan 31,1%. Kedua lembaga ini berpusat di Jerman.

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Berada Dalam Fase Mati Rasa Secara Psikologis, Ini Cara Mengatasinya

Optimalisasi Hubungan yang Telah Berjalan

Kerjasama ini merupakan penguatan partisipasi Gunar Yadi sejak 2020 sebagai labour market expert dalam akreditasi kluster prodi bahasa asing, pendidikan dan humaniora yang dilaksanakan AQAS. Setakat ini pria kelahiran Mukomuko ini telah dilibatkan dalam panel of experts dalam prosedur akreditasi 16 prodi sarjana, 3 prodi magister dan 2 prodi doktoral di berbagai PTN di Indonesia.

Kesiapan Membantu Bengkulu

Meskipun telah menetap di Belanda, sebagai bagian dari warga Bengkulu, diaspora asal ranah Kapuang Sakti Ratau Bantuah ini sedia mendedikasikan pengalaman, expertise dan jejaringnya membantu upaya percepatan peningkatan kapasitas sektor pendidikan khususnya pendidikan tinggi di provinsi ini.

Atau peningkatan kapasitas dan pemberdayaan pada sektor lain yang menjadi fokus layanan EI yaitu legal, sustainability dan policy.

 

Salah satu aksi konkrit, EI siap bekerjasama mendampingi dan mempersiapkan prodi-prodi yang sudah matang pada perguruan tinggi di  Bengkulu yang berkeinginan mengikuti prosedur penjaminan mutu eksternal melalui AQAS atau lembaga akreditasi internasional lainnya yang mengacu pada standar Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: