Pemkab Mukomuko Bakal Data Keluarga Banyak Anak, Ini Perintah Langsung Bupati Sapuan, Apa Tujuannya?

Pemkab Mukomuko Bakal Data Keluarga Banyak Anak, Ini Perintah Langsung Bupati Sapuan, Apa Tujuannya?

Pemkab Mukomuko Bakal Data Keluarga Banyak Anak, Ini Perintah Langsung Bupati Sapuan, Apa Tujuannya? -dok RBO-

"Tapi kalau masih ingin punya anak lagi, gak usah ikut vasektomi dan tubektomi. Karena KB jenis ini sifatnya permanen gak bisa punya anak lagi. Yang jelasnya, saya berharap agar masyarakat, khususnya keluarga dengan ekonomi masih kurang mampu agar bisa mengatur jarak angka kelahiran anak dengan cara ikut KB," ujar Bupati. 

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Mukomuko, Ramadhan Panji Surya ketika dikonfirmasi membenarkan sudah menerima petunjuk dari Bupati agar segera melakukan pendataan keluarga yang memiliki banyak anak. 

Dijelaskan Panji, untuk melaksanakan pendataan tersebut. Pihaknya akan melibatkan petugas KB yang ada di Puskesmas dan Kader KB yang ada di masing-masing desa dalam wilayah Mukomuko. 

"Sebetulnya dari dulu dinas kami rutin melakukan sosialisasi. Atas perintah Pak Bupati ini, sosialisasi dan ajakan akan kami masifkan lagi. Betul kata Pak Bupati. Keluarga perlu mengatur jarak kelahiran anak. Baik itu untuk menata ekonomi maupun tujuannya untuk kesehatan anak dan ibu," terang Panji. 

Panji mengatakan, persediaan alat kontrasepsi di Dinas P2KBP3A masih cukup. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir.

Jika nanti sudah menipis, pihaknya akan mengajukan tambahan kepada Pemprov Bengkulu. 

"Kami berharap kesadaran masyarakat untuk mengikuti KB ini meningkat. Mari kita jadi pengingat bagi sanak keluarga dan Jiran tetangga kita di masing-masing lingkungan," demikian Panji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: