Tips Merawat Motor, 6 Komponen motor yang Wajib Diperiksa Setelah Touring Jauh dan Mudik

Tips Merawat Motor, 6 Komponen motor yang Wajib Diperiksa Setelah Touring Jauh dan Mudik

Tips Merawat Motor, 6 Komponen motor yang Wajib Diperiksa Setelah Touring Jauh dan Mudik -Poto ilustrasi-

Biasanya jika sudah terlalu panas terkadang kampas rem menjadi tidak berfungsi sementara, jadi sangat berbahaya jika tiba-tiba tidak bisa mengerem. 

Jadi, ketika kampas rem sudah aus, segera lakukan penggantian untuk memastikan sistem pengereman yang optimal.

Ada beberapa tanda-tanda jika kampas rem sudah aus, seperti munculnya bunyi decitan ketika melakukan pengereman dan tarikan tuas rem terasa lebih dalam.

 

5. CVT

Pengendara sepeda motor matic perlu memperhatikan CVT (Continuously Variable Transmission). 

Pastikan komponen CVT bersih dari kotoran dan tidak mengalami keausan.

Adapun indikasi komponen CVT yang kotor atau mengalami keausan adalah kesulitan mencapai kecepatan maksimal saat berkendara. 

Jika terjadi hal seperti ini, periksa komponen CVT termasuk roller, clutch carrier assy (kampas ganda), dan v-belt (ganti v-belt setiap 25.000km).

 

6. Saringan Udara

Saringan udara yang sudah kotor dapat membuat menghambatnya aliran udara ke ruang bakar, hal ini dapat menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan mengurangi performa motor secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi saringan udara terlebih setelah melakukan perjalanan yang jauh. 

Adapun tanda-tanda jika saringan udara sudah kotor yaitu ketika tarikan gas menjadi lebih berat serta keluarnya asap hitam dari knalpot. 

Jika mengalami gejala tersebut, segera periksa kondisi saringan udara. Biasanya, penggantian saringan udara yang direkomendasikan setiap 12.000 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: