Memaknai Nilai-Nilai Kemerdekaan

Memaknai Nilai-Nilai Kemerdekaan

H. Henderi Kusmidi -Adam-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id -- Para pembaca yang berbahagia  , tidak terasa hari ini kita sudah memasuki hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat untuk pembaca semua. Judulnya, Memaknai Nilai-Nilai Kemerdekaan.

Materi ini ditulis oleh  Ustadz H. Henderi Kusmidi. Ia adalah Dosen UIN FAS Bengkulu. Rencananya, materi ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Besar Jami' Babussalam, Jalan P.Natadirja KM.8 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Jama’ah Jumat yang Berbahagia

Sekarang kita sudah memasuki bulan Agustus yaitu hari ulang tahun kemerdekan Negara kita Republik Indonesia yang kita cintai ini, yaitu tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 silam, kemerdekaan negara kita tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan. 

Perjuangan para pahlawan pada masa itu telah memberikan kontribusi besar bagi Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Kita sebagai generasi penerus harus mengenang dan meneladani semangat perjuangan mereka.

 

Oleh karena itu harusnya kita perbanyak dengan bersyukur atas nikmat kemerdekaan dan keamanan tanah air  yang kita rasakan sekarang ini. Syukur ini menjadi pemantik untuk terus ditambahkannya nikmat-nikmat Allah SWT, kita tak mampu menghitungnya. Sebagaimana Allah berfirman : 

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لَا تُحْصُوها، إِنَّ اللهَ لَغَفُورٌ رَحِيم

 

Artinya : Jika kalian menghitung nikmat Allah, niscaya kalian tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Surat an-Nahl ayat 18).

Maka sebagai generasi penerus kemerdekaan saat ini harus meneladani nilai-nilai dan semangat para pahlawan seperti keteguhan dalam memegang prinsip, keberanian, dan kesabaran dalam meraih tujuan. Nilai-nilai ini harus diaplikasikan oleh elemen bangsa untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya masing-masing. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu