Target Proyek Pembangunan Bendungan Meninting NTB Rampung Akhir 2024

 Target Proyek Pembangunan Bendungan Meninting NTB Rampung Akhir 2024

Target Proyek Pembangunan Bendungan Meninting NTB Rampung Akhir 2024-poto hutama karya-

radarbengkuluonline.id – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menargetkan penyelesaian proyek pembangunan Bendungan Meninting Paket I melalui Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Bahagia Bangun Nusa (Bangun Nusa) (Hutama – Bangun Nusa) pada akhir tahun 2024.

Saat ini proyek pembangunan bendungan meninting sudah mencapai 87,7%.

Bendungan Meninting ini merupakan bendungan ke- 5 (lima) yang telah dibangun Hutama Karya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan bahwa Proyek senilai Rp902,1 Milyar (Hutama Karya 80% -Bangun Nusa 20%) ini ditargetkan rampung pada akhir tahun 2024, dengan progres pembangunan saat ini telah memasuki tahap akhir yaitu pekerjaan bendungan utama.

BACA JUGA:Ini 5 Penyebab Rambut Menjadi Rontok dan Berikut Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Begini Cara Hutama Karya Mendukung Pengembangan UMKM di Sumatera Barat

“Dalam proyek pembangunan Bendungan Meninting, Hutama Karya mengerjakan bendungan utama, temporary cofferdam, bangunan fasilitas, alur akses kiri dan kanan, serta landscaping,” ujar Adjib.

Lebih lanjut Adjib menyampaikan bahwa dalam percepatannya, Hutama Karya menggunakan berbagai teknologi mutakhir untuk memastikan efisiensi dan ketepatan pekerjaan pada proyek ini, termasuk penggunaan Building Information Modelling (BIM) dan fotogrametri.

Penggunaan teknologi ini memungkinkan proses berbagi data dan persetujuan secara digital yang dapat mempercepat tahapan konstruksi dan implementasi BIM pada proyek ini juga memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kualitas dan akurasi pekerjaan, sehingga Hutama Karya berhasil meraih penghargaan atas inovasi teknologi dalam sektor konstruksi.

“Proyek Bendungan Meninting mendapatkan penghargaan “Top Entry in Country” pada Autodesk ASEAN Innovation Awards 2023 sebagai kontribusi untuk Industri Konstruksi dengan penggunaan BIM yang inovatif dengan pemanfaatan Digital Survey, Software Autodesk, Dashboard PMIS dan CCTV Proyek yang saling terkoneksi sehingga membantu proses pelaksanaan pekerjaan baik dari segi teknis maupun di lapangan,” imbuh Adjib.

Meskipun terdapat beberapa tantangan selama proses pengerjaan proyek, seperti kondisi lahan yang sempit dan terjal, keterlambatan pembebasan lahan, cuaca yang ekstrem, kurangnya ketersediaan material inti dari area bendungan, serta akses jalan yang masih dalam proses pengerjaan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), namun hal tersebut tidak menjadi kendala bagi Hutama Karya untuk menyelesaikan proyek ini tepat waktu dengan standar kualitas terbaik.

“Untuk memastikan percepatan penyelesaian proyek ini, Hutama Karya melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi yang ada. Kami yakin dengan dukungan dan sinergi dari semua pihak, proyek ini akan rampung sesuai target,” tutup Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Setelah terbangunnya Bendungan Meninting, masyarakat sekitar akan merasakan berbagai manfaat, seperti peningkatan pasokan air untuk irigasi seluas 1559,29 Ha yang mendukung pertanian, pengendalian banjir, penyediaan air baku bagi kebutuhan rumah tangga dan industri, serta potensi pengembangan pariwisata.

Dengan demikian, bendungan ini tidak hanya menjadi infrastruktur vital, tetapi juga pendorong kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Lombok Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: