Lapas Arga Makmur Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Ratu Samban

Lapas Arga Makmur  Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Ratu Samban

Foto Bersama Usai Tabur Bunga di TMP Ratu Samban Arga Makmur-Berlian-

 

ARGA MAKMUR, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Arga Makmur, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Bengkulu melaksanakan kegiatan upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratu Samban, Arga Makmur, Bengkulu Utara. Kegiatan ini dalam rangka Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 Tahun 2022.

BACA JUGA: Dinas LH Mukomuko Bongkar Dugaan Pelanggaran Pengelolaan Limbah CPO

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ini dipimpin langsung Kalapas Arga Makmur, Luhur Pambudi selaku Inspektur Upacara yang diikuti seluruh Pejabat Struktural, JFU/JFT dan Dharma Wanita Lapas Kelas IIB Arga Makmur dan Rupbasan Arga Makmur, Jumat pagi (12/08/2022)

BACA JUGA:Adu Kambing, Pengendara Vixion Meninggal Dunia

Rangkaian kegiatan dimulai dengan penghormatan secara individu oleh peserta upacara saat memasuki TMP. Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan menaburkan bunga ke setiap Makam di TMP Ratu Samban yang berjalan aman, tertib dan khidmat.

BACA JUGA:11 Tim Riset MAN IC Benteng Lolos Seleksi Proposal Penelitian OPSI

Setelah rangkaian selesai, Kalapas Arga Makmur yang didampingi Ketua Dharma Wanita Lapas Arga Makmur, Ny. Dewi Luhur Pambudi menandatangani buku tamu sebagai tanda telah melakukan ziarah dan Tabur Bunga di TMP Ratu Samban Bengkulu Utara.

Kalapas Arga Makmur, Luhur Pambudi mengatakan kehadirannya dan rombongan di TMP ini sebagai bentuk penghormatan dan menghargai para pahlawan yang telah gugur serta mengenang jasa yang telah diberikan sehingga dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM RI, Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Tahun 2022.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM RI, Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Tahun 2022. Kita ke TMP ini sebagai bentuk penghormatan dan menghargai para pahlawan yang telah gugur serta mengenang jasa yang telah diberikan," katanya. 

Syarif Hidayat yang turut mendampingi Kalapas menambahkan bahwa Upacara Ziarah dan Tabur Bunga yang dilaksanakan berpedoman pada Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Nomor PAS-UM.01.01-60 tanggal 8 Agustus 2022 hal Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Upacara Ziarah/ Tabur Bunga yang ditandatangani langsung Dirjenpas, Reynhard Silitonga selaku Penanggungjawab Bidang Upacara rangkaian Peringatan HDKD ke-77 Tahun 2022.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Erfan yang dihubungi melalui sambungan telepon setelah menjadi Inspektur Upacara di TMP Balai Buntar Bengkulu mengatakan bahwa kegiatan upacara Ziarah dan Tabur Bunga dalam Rangka HDKD ke-77 Tahun 2022 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh seluruh Insan Pengayoman.

"Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka HDKD ke-77. Untuk Bengkulu dilaksanakan di 4 tempat yaitu Jajaran Kanwil dan UPT dalam Kota Bengkulu dilaksanakan di TMP Balai Buntar Bengkulu, Lapas dan Rupbasan Arga Makmur di TMP Ratu Samban Bengkulu Utara, Lapas Curup di TMP Tabarenah Rejang Lebong dan Rutan Manna di TMP Semaku Bengkulu Selatan," jelas Kakanwil. (bri)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: