Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (36)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (36)

Inilah wilayah Kelurahan Cempaka Permai, Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-

36. Kelurahan Cempaka Permai

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

Cempaka Permai Namanya Diambil dari Perumnas    

 

CEMPAKA PERMAI juga termasuk salah satu nama kelurahan unik di Kota Bengkulu. Kelurahan dengan menggunakan nama kren ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Gading Cempaka. Kenapa ya daerah ini dinamakan Cempaka Permai? Banyak pohon cempaka ya! Bukan! Daripada penasaran, lebih baik baca terus tulisan eksklusif Wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID berikut ini.

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

CEMPAKA PERMAI ini, kata mantan Kades Sidomulyo, Surodjo JS (52), merupakan bagian dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Gading Cempaka. Karena Sido (Jadi) Mulyo (Mulia) atau daerah yang diharapkan jadi mulia itu penduduknya sudah maju dan penduduknya sudah padat, maka pemerintah daerah Kota Bengkulu memekarkan daerah ini menjadi dua. Yaitu, Sidomulyo dan Cempaka Permai.

BACA JUGA:Tanaman Ini Bisa Bikin Cepat Kaya, Bakal Ditanam di Mukomuko

Pemekaran itu, lanjutnya, berdasarkan surat dari Camat Gading Cempaka, Drs. Muhammad Nur No.145/375/GC/P tanggal 17 Oktober 2000 perihal Musyawarah Desa/kelurahan sebagai akibat dari perubahan desa menjadi kelurahan.

BACA JUGA:Tanaman Ini Bisa Bikin Cepat Kaya, Bakal Ditanam di Mukomuko

Dalam Perubahan desa jadi kelurahan itu, dapat diadakan pemecahan apabila memenuhi persyaratan sesuai dengan Kepmendagri No.65 tahun 1999 Tentang Pedoman Umum Pengaturan Mengenai Pembentukan Kelurahan, pasal 8.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (35)

Setelah dipelajari secara seksama surat dari Camat Gading Cempaka itu, jelas mantan Ketua PPS Sidomulyo yang sudah  bertugas menjadi Kades Sidomulyo selama 8 tahun itu, ternyata daerah ini layak dijadikan dua kelurahan.

Sebab, daerahnya luas, yaitu 350 Km dengan jumlah penduduk waktu itu 11.924 jiwa atau 3.253 jiwa, 47 RT, 16 RW. Ini berakibat kurang maksimalnya pelayanan terhadap masyarakat.

‘’Setelah kita mengadakan rapat tanggal 21 Oktober 2000 di Balai Desa yang dihadiri 52 peserta yang terdiri dari kepala desa dan staf, ketua dan anggota LKMD, Ketua RT dan RW serta pemuka masyarakat, akhirnya disepakati untuk pemekaran wilayah Sidomulyo ini,’’ ujar bapak yang lahir di Jogjakarta tanggal 2 Januari 1958 yang tinggal di Jln Hibrida 6 No.9 RT 27 Sido Mulyo itu.

Dalam rapat itu, wilayah ini disepakati menjadi dua. Yaitu wilayah timur dan wilayah barat dengan batas jalan P Natadirja (mulai dari Km 8 sampai dengan Km 9). Wilayah Timur dengan nama Kelurahan Sidomulyo dengan 23 RT, 1.710 KK dan 6.741 jiwa. Sedangkan wilayah Barat diberi nama Cempaka Permai dengan jumlah 20 RT, 1.543 KK dan 5.235 jiwa.

Sedangkan asal usul nama Cempaka Permai itu, lanjutnya, diambil dari nama Perumnas yang ada di kompleks daerah yang dimekarkan. Kebetulan nama Kompleks Perumnas itu namanya adalah Perumnas Gading Cempaka Permai.

Untuk lebih praktisnya, diambillah nama perumahan itu dengan nama Cempaka Permai saja. Dan nama ini disetujui warga.

’’Pemberian nama Cempaka Permai itu adalah hasil dari rapat pemekaran wilayah Sidomulyo yang dilaksanakan tanggal 21 Oktober 2000 itu,’’jelas Surodjo yang berakhir masa jabatannya sebagai Kepala Desa Sidomulyo tahun 2002.

Setelah desa jadi kelurahan tahun 2003, dia ditugaskan di Kantor Kecamatan Gading Cempaka.

 


Inilah Kantor Lurah Cempaka Permai, Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-

Kelurahan Cempaka Permai ini luasnya 54, 4 hektare.  Mereka ini menempati 25 Rukun Tetangga (RT) dan 8 Rukun Warga (RW).

Mata pencarian penduduknya beragam. Ada PNS, TNI/Polri, pegawai swasta, pedagang, petani. Sedangkan penduduknya, juga beragam etnis suku bangsa. Seperti Bengkulu, Bengkulu Selatan, Rejang, Jawa, Minang, Medan, Palembang, Kalimantan, Sulawesi, China Keturunan. Hampir seluruh suku bangsa ada di kelurahan  ini.

Di Kelurahan Cempaka Permai itu saat ini penduduknya antara lain ada Wakil Walikota Bengkulu, Sekda Kota Bengkulu, ada  kepala dinas.


Ini adalah salah satu rumah warga di Kelurahan Cempaka Permai yang terletak di Jalan Pelatuk -Azmaliar Zaros-

Letak kelurahan ini, sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Sidomulyo. Sebelah selatan berbatasan dengan Keluahan Lingkar Barat. Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Jalan Gedang. Sebelah  timur berbatasan dengan Kelurahan Pagar Dewa.

Fasilitas umum yang ada di daerah ini antara lain kantor lurah Cempaka Permai, Perumahan Polda, Gudang Bulog, Taman Kanak-kanak 3 unit, SD 3 unit, Panti Sosial Tresna Werdha atau Panti Jompo, mesjid 5 unit, musalla 2 unit, kolam pemancingan. Bahkan, di daerah ini juga ada lapangan sepakbola.


Suasana lingkungan Kelurahan Cempaka Permai-Azmaliar Zaros-

Daerah ini juga terletak di pertengahan Kota. Kemana-mana hubungannya lancar. Mau ke Bandara dekat, mau ke Pelabuhan juga dekat. Mau ke rumah sakit apalagi. Mau ke kantor Gubernur juga dekat. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: