Luar Biasa, Pemdes Anggut Tercepat Pembagian BLT

Luar Biasa, Pemdes Anggut Tercepat Pembagian BLT

Kepala Desa Anggut Kabupaten Bengkulu Selatan-FAHMI-

Warga Keterbelakangan Mental Dapat

 

RADARBENGKULUONLINE.COM - Berdasarkan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), Pemerintah Desa Anggut tercepat pembagian Bantuan Langsung Tunai(BLT) se Kecamatan Pino.

 

Diketahui ada 24 Keluarga Penerima Manfaat(KPM) yang akan menerima bantuan.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin: PMK Adalah Wabah Massal, Vaksinasi Adalah Solusinya

BLT ini untuk meringankan beban masyarakat. Kepala Desa (Kades) Anggut Miedwan Efendi mengatakan selain miskin ekstrim berdasarkan hasil kesepakatan tim diambil juga beberapa katagori lain untuk menerima BLT seperti Lansia yang mempunyai Kartu Keluarga(KK) tunggal,yang sakit menahun,serta disabilitas dan tidak pernah mendapatkan bantuan apapun yang tergolong miskin.

BACA JUGA:Dewan Minta Hindari Konflik Saat Pembangunan Jembatan Layang DDTS Berlangsung

"Bahkan dari 24 KPM yang kami berikan, dua diantaranya masyarakat yang keterbelakangan mental (Disabilitas) yang saat ini perlu sekali dibantu. Tujuannya untuk meringankan beban sipenderita dan keluarga untuk memberikan pertolongan pengobatan,walaupun uang yang diberikan tidak seberapa,"papar Miedwan diruangannya Kamis(23/02).

 

Untuk pembagian BLT ini akan dilakukan selama 12 bulan Januari sampai Desember dengan besaran perbulannya Rp.300.000,-.

 

Untuk tahap pertama ini Pemerintah memberikan BLT sebanyak dua bulan Januari Februari sebesar Rp.600.000,-yang nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari - hari.

 

Bagi KPM yang sudah mendapatkan,pihaknya juga berharap masyarakat bisa memilah dan memilih mana yang menjadi prioritas kebutuhan.

Jangan hanya untuk mencukupi keinginan pastilah tidak akan cukup tetapi penuhilah untuk mencukupi kebutuhan.

 

Adapun yang disampaikan oleh Camat Pino Surahman,SE mengatakan lakukanlah tugas Pemerintah Desa yang seharusnya dilakukan.

Sebagai pihak kecamatan akan selalu melakukan pemantauan dan pengawasan atas kinerja desa yang akan dilakukan agar nantinya tidak timbul persoalan. 

Kalau bisa sebagai Kades harus menjalin silaturahmi kepada seluruh OPD sehingga seluruh informasi akan didapat, sehingga apapun yang menjadi bidang dari OPD tersebut bisa kita terapkan didesa,untuk kemajuan desa itu sendiri. 

"Dengan berbekal informasi, maka perkembangan desa akan semakin cepat maju, karena dari berbagai aspek bisa dilakukan atas informasi yang didapat,begitu juga pembagian BLT ini desa Anggut bisa menjadi yang tercepat pasti dikarenakan selalu berinteraksi dengan pihak terkait sehingga bisa memberikan bantuan secara cepat kepada masyarakat,"ucap Surahman.

 

Begitu juga yang disampaikan oleh Kasi PMD Mukhlis, S. Sos memang ada nilai plus bagi desa yang melakukan pengesahan APBDes, yang artinya pembangunan maupun pemberdayaan yang ada di desa bisa segera dilakukan dengan menggunakan dana Alokasi Dana Desa(ADD) maupun Dana Desa(DD). 

 

"Tetapi kita juga berharap walupun termasuk desa tercepat jangan pernah pembagian BLT ini menjadi kisruh di kemudian hari, kalau ada terjadi kekurangan maka segera perbaiki, bagi penerima jangan pernah digunakan untuk hal yang belum dianggap perlu.Adapun salah satu tujuannya digunakan untuk kesehatan, kebutuhan pokok, walaupun sebenarnya uang yang diberikan memang tidak mencukupi tetapi bisa meringankan beban yang kita dihadapi,"pungkas Surahman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: