HM. Saleh Ingatkan Pentingnya Pancasila Sebagai Pedoman Berbangsa dan Bernegara

Kamis 04-10-2018,17:50 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU – Anggota DPD RI, HM. Saleh, SE tidak henti-hentinya mengingatkan seluruh masyarakat untuk memahami arti pentingnya Pancasila. Hal ini disampaikannya saat kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama 150  orang karyawan Unity Bengkulu pada tanggal 9 September lalu.

“Pancasila itu sangat penting. Sejak usia dini, anak-anak kita sudah terus dilatih untuk menghafal Pancasila. Dan ketika Upacara bendera setiap hari senin, selalu dibacakan oleh petugas. Kenapa hal itu dilakukan? Itu karena Pancasila merupakan dasar negara kita yang harus kita pahami dan amalkan,” Kata Putra Bengkulu ini.

Pada sosialisasi empat pilar, selain Pancasila, juga ada pemahaman tentang UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Mantan Ketua Lembaga DPD RI itu menerangkan, salah satu pedoman berbangsa dan bernegara adalah Pancasila. “Pancasila itu ada lima dasar, pertama Ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad, kebijaksanaan dan permusyawaratan, terakhir keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kemudian ada 45 butir Pancasila, dimana jika kita memahami itu, maka kedaulatan negara, kerukunan, serta kesejahteraan masyarakat kita akan terus terjaga,” terangnya.

Selain itu, HM. Saleh yang baru saja dilantik menjadi Ketum IKJPP tersebut meminta pada seluruh peserta yang hadir untuk dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Meskipun sekarang kita sudah memasuki tahun politik. Namun hendaknya persatuan dan kesatuan bangsa tetap kita prioritaskan. Meskipun berbeda pilihan, bukan berarti kita harus saling bentrok antar sesama. Dengan memahami empat pilar kebangsaan, In Sha Allah kita akan menjadi bangsa yang semakin besar dan maju,” tutup HM, Saleh. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait