GenBI Bengkulu Bersihkan Sampah di Tempat Iconik Bengkulu

Minggu 23-12-2018,19:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Jadi Contoh Teladan Peduli Lingkungan

RBO, BENGKULU - Generasi Baru Indonesia (GenBI) mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) Bengkulu membersihkan dan melestarikan tempat-tempat iconik di kota Bengkulu. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra berharap kepada masyarakat sekitar untuk dapat meneruskan semangat GenBI menciptakan lingkungan bersih, asri dan sehat.

"GenBI hari ini (kemarin, 23/12) sudah memberi contoh dan teladan bagi masyarakat bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Kita pungut sampah disini, kita tanam pohon di sepanjang Pantai Berkas dan Tapak Paderi. Ini gerakan nyata yang dibuat GenBI dan kita (BI) untuk buat bersih. Kita harapkan masyarakat dapat menyontoh dan melakukannya juga. Ya, paling tidak kebersihan dan disiplin dan kebiasaan tidak buang sampah sembarangan ini dimulai dari diri kita sendiri," tutur Endang saat menutup acara GenBI bertajuk Indonesia Bersih di Taman Berkas Kota Bengkulu saat dihubungi RADAR BENGKULU  Minggu, (23/12).

Endang mengatakan, GenBI disini dirasa penting untuk turun langsung membantu membersihkan tempat-tempat destinasi wisata di Kota Bengkulu. Selain memberikan contoh indahnya menjaga kebersihan, BI juga mengedukasi para pedagang untuk tidak buang sampah sembarangan. Cara yang dilakukan adalah dengan membagikan karung tempat sampah. Lalu kita titipkan pesan moral kesehatan bahwa merokok berbahaya. Ada pesan sehat yang disampaikan GenBI melakukan gerakan barter puntung rokok dengan buah.

"Alhamdulillah, semua aktivitas GenBI Bengkulu manfaatnya dirasakan semua masyarakat. Ya, saya ingatkan juga kepada seluruh masyarakat pengunjung wisata, jangan buang sampah sembarangan. Jangan sampai ada orang asing seperti di Jakarta itu. Ada sekumpulan orang Jepang setiap minggunya mungutin sampah kita. Kan malu kita," katanya.

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Bengkulu mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia menggelar kegiatan bersih Indonesia. GenBI Bengkulu pada kegiatan Indonesia Bersih menggelar aksi bersih di Taman Pantai Berkas, pembuatan taman, penanaman bunga, penanaman pohon, memberi karung untuk sampah kepada pedagang, pengadaan tong sampah, barter rokok dengan buah, bersih tanaman, deklarasi Indonesia bersih, lomba foto booth. Dan sebelumnya telah melakukan bersih lokasi banjir di Kelurahan Bentiring, sekaligus pemberian bantuan sembako kepada korban banjir di Kelurahan Bentiring. (ae2)

Tags :
Kategori :

Terkait