Gubernur Bengkulu Deklarasi Germas dan Bagikan Bantuan

Selasa 22-01-2019,10:39 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Germas, Gubernur Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

RBO >>  SELUMA >>  Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah M.MA mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Seluma untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Hal itu diungkapkan Gubernur  saat menghadiri deklarasi gerakan masyarakat hidup sehat dan bhakti sosial di Kecamatan Lubuk Sandi.

"Mari bersama menjaga pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan, olah raga, dan mengkonsumsi makanan bergizi," sampai Rohidin, Senin (21/1).

Melalui program gerakan masyarakat hidup sehat, Gubernur berharap agar gerakan ini bisa dicanangkan mulai dari tingkat Kecamatan hingga ke desa-desa.

"Tahun ini program dan kegiatan Germas tidak hanya terpusat di setiap kecamatan. Namun juga dijadikan kegiatan rutin hingga ke desa-desa," sampainya.

Dibagian lain, pada deklarasi itu Gubernur Bengkulu juga menyerahkan bantuan berupa kursi roda dan tongkat bagi penyandang cacat dan lumpuh, serta menyaksikan kegiatan sunatan masal maupun kegiatan sosial lainnya.

" Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga perlu partisipasi nyata dari masyarakat. Sehingga diperlukan gerakan masyarakat hidup sehat, agar masyarakat secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat," sampainya.

Program Germas merupakan program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka menghadapi tantangan besar ,yakni masalah kesehatan Triple Bruden. Karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM), dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Dengan demikian, melalui gerakan masyarakat hidup sehat, diharapkan dapat mengatasi persoalan tersebut menuju Indonesia sehat.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Seluma, Rudi Syawaludin SE mengatakan, tolok ukur dipilihnya Kecamatan Lubuk Sandi sebagai lokasi deklarasi pencanangan Germas setelah adanya evaluasi dan monitoring tingkat kesadaran pola hidup masyarakat sehat yang meningkat di kabupaten Seluma.

" Tolok ukurnya, pola hidup sehat masyarakatnya dinilai membaik, terbebas dari adanya penyakit tidak menular, dan penyakit lainnya," sampai Rudi. (0ne)

Tags :
Kategori :

Terkait