Sampah Pasar Koto Jaya Resahkan Warga

Selasa 05-02-2019,21:32 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, MUKOMUKO - Persoalan sampah di Pasar Minggu Kelurahan Koto Jaya masih menjadi masalah. Khususnya sampah plastik. Tumpukan sampah plastik saat ini memenuhi drainase yang berada di belakang pasar, sehingga air tidak mengalir sempurna.

Tumpukan sampah yang sudah memenuhi derainase itu bahkan sudah meluber ke daratan drainase berada tepat di belakang pedagang ikan dan ayam. Sebagaimana kita ketahui, pedagang ikan khususnya ikan air tawar banyak menggunakan plastik untuk mengakut dagangannya.

Diduga, tumpukan sampah inilah yang menjadi penyebab Pasar Koto Jaya kerap digenangi air pada saat hujan, karena air tidak bisa mengalir sempurna ke drainase karena terhalang sampah.

Ketika dimintai keterangan prihal tersebut, Ketua RT 02 Koto Jaya Kota Mukomuko, Alfian Tanjung menyayangkan hal tersebut.

Menurutnya, seharusnya hal itu tidak terjadi. Karena sepanjang yang ia ketahui, sudah ada petugas kebersihan di pasar tersebut.

Kemudian ia mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko harus cepat mengambil tindakan terkait persoalan sampah ini. Karena katanya Dinas LH yang berwenang terkait persoalan sampah ini.

Disampaikannya pula, Pasar Koto Jaya yang bersih tidak hanya menjadi harapan para pembeli yang datang hanya seminggu sekali, masyarakat yang tinggal sekitar lebih berharap lagi.

Pasalnya menurut Alfian, masyarakat yang tinggal dekat pasarlah yang mendapat dampak langsung dari sampah di Pasar Koto Jaya itu.

"Namanya sampah pasti bau. Itu sudah pasti dirasakan masyarakat kami yang tinggal dekat pasar. Belum lagi sampah ini biang penyakit. Kita berharap Pasar Koto Jaya kedepan bisa bersih. Instansi terkait mesti mengambil tindakan," demikian Alfian. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait