Kadinkes Prov : Perhatikan Kesehatan Pasca Banjir

Kamis 02-05-2019,20:38 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu meminta warga memperhatikan kesehatan pasca banjir dan longsor yang melanda Bengkulu. Langkah antisipasi Dinas Kesehatan telah diambil agar tak timbul korban lanjutan dan menjadi wabah penyakit pasca bencana. "Pasca banjir kita harus tetap memperhatikan kesehatan. Jangan sampai ada korban jatuh sakit akibat pasca bencana ini. Mengantisipasi itu, dinkes beserta jajaran sudah menyusun rencana tindak lanjut. Dengan cara petugas kita menjangkau seluruh wilayah untuk memantau desa- desa, rumah-rumah bagaimana sanitasi warga, air bersihnya, MCK, pola hidup sehat, prilaku,makanan dsb, supaya mereka tidak jatuh sakit dan agar tak timbul kejadian luar biasa akibat dari banjir, wabah dsb," kata Herwan Antoni saat berkunjung ke rumah ASN terendam banjir setinggi 1,5 Meter di Perum Korpri Bentiring Kamis (2/5).

Herwan Antoni yang didampingi Kabid Kesmas Dinkes Prov Nelly Alesa mengatakan, kondisi mayarakat saat ini lagi masa pemulihan. Mereka berupaya menempati rumah mereka. Kebersihan rumah dan perabot yang mengakibatkan kurangnya mereka memperhatikan kesehatan sendiri.

"Nah disinilah peran kita, kesehatan mereka kita yang harus pantau. Tenaga kesehatan kita turun langsung untuk informasikan agar masyarakat dapat segera mengakses pelayanan kesehatan ditempat mereka masing - masing," ujarnya.

Disisi lain, Kadinkes dan pejabat struktural Dinkes Provinsi Bengkulu mengunjungi ASN dan Honorer pemprov yang terdampak banjir. "Ada sembilan staf kita yang terkena banjir. Hari ini seluruh pejabat struktural, DW kita ikut prihatin dan merasakan musibah ini. Kahadiran kami disini adalah bentuk kepedulian dan ikut bersama merasakan. Mudah-mudahanan dengan kehadiran kita menjadi support bagi keluarga," tutupnya. (ae2)

Tags :
Kategori :

Terkait