Ini Langkah MengatasiMahalnya Harga Bawang

Senin 06-05-2019,19:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Bulan Puasa, Harga Bawang Masih Mahal

RBO, BENGKULU - Beberapa pasar di Kota Bengkulu menjual bawang merah dan putih masih bertahan di kisaran Rp 100.000/kg dari sebelumnya sebesar Rp 40.000/kg atau terjadi kenaikan yang signifikan sebesar Rp 60.000/kg. Hal ini tentunya berdampak pada pengurangan para pedaggang penjual makanan. Asmin (45) warga Keluruhan Tebeng mengatakan dirinya terpaksa mengurangi bawang untuk menjual Bakso.

"Karena memang mahal sekali, kalau tidak begitu saya bisa rugi," ujarnya. Sejunlah para pedagang bawang di Pasar Panorama, Kota Bengkulu mengatakan, melonjaknya harga bawang putih dalam sepekan ini di Bengkulu, akibat stoknya di pedagang setempat terbatas. Sedangkan permintaan bawang putih dari masyarakat menghadapi bulan Ramadan meningkat tajam dari biasanya. Sesuai hukum ekonomi dimana stok terbatas dan permintaan meningkat, maka harga melonjak. Kurangnya stok bawang putih di Bengkulu, karena pasokannya dari Pulau Jawa ke daerah ini tidak lancar. Akibatnya, stok di pedagang menipis dan permintaan meningkat, sehingga harganya meroket hingga mencapai Rp 100.000/kg.

"Terus terang jika stok bawang putih di Bengkulu, tidak ditambah segera dikhawatirkan harganya akan melonjak lagi di atas Rp 100.000/kg. Sebab, pada bulan Ramandan permintaan bawang putih di konsumen akan meningkat dari biasanya," ujar Roby (34).

Dengan demikian, bila bawang putih mengalami kelangkaan di Bengkulu, maka harga bahan penyedap masakan ini mengalami kenaikan lagi dari sekarang. Bahkan, harga bawang putih di Bengkulu mencapai Rp 150.000/kg. "Selama saya berjualan hampir 15 tahun, baru sekarang harga bawang putih di Bengkulu mencapai Rp 100.000/kg. Selama ini meski naik harganya tidak lebih dari Rp 40.000/kg. Sekarang harga bawang di Bengkulu, benar-benar tidak masuk akal, karena negara agraris harga hasil pertanian meroket," tambahnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perindag Bengkulu, Lierwan mengakui harga bawang putih dan bawang merah di Bengkulu, saat ini melambung. Harga bawang putih mencapai Rp 100.000/kg dan bawang merah Rp 50.000/kg. Untuk menekan kenaikan harga kedua jenis bumbu dapur ini, Disperindag Bengkulu, sudah meminta Bulog setempat menggelar operasi pasar bawang putih dan bawang merah di seluruh kabupaten dan kota di daerah ini. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan pasokan bawang putih dan bawang merah melalui pedagang distributor setempat, sehingga stok barang tersebut ditangan pedagang setempat melimpah. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait