Pilkada Serentak 2020, Hanura Prioritaskan Kader

Kamis 03-10-2019,20:32 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Benny Ramdani : Pilgub Bengkulu Ada Muslihan DS

RBO, BENGKULU - Ketua Bidang Organisasi DPP Partai Hanura, Benny Ramdani mengatakan, Partai Hanura mengutamakan kader untuk dimajukan di Pilkada serentak 2020 mendatang. Ini dijelaskan Benny ketika diwawancarai awak media saat coffe break acara Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Partai Hanura di Provinsi Bengkulu, Kamis (3/10) di Bengkulu kemarin.

"Kita tentu tetap mengutamakan kader yang dimajukan dalam kontestasi tahun depan," ungkap Benny Ramdani, kemarin.

Meskipun demikian, terang Benny, Partai Hanura tetap membuka peluang mengusung Bakal Calon Kepala Daerah (Balon Kada) di luar kader. Sebab Hanura memiliki opsi berkolaborasi dengan partai lain dalam mengusung Balon Kada di Pilkada serentak 2020. Baik itu ditingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.

"Seperti di DPRD Provinsi Bengkulu, kita kan punya 3 kursi. Untuk mengusung Balon Gubernur dan Balon Wakil Gubernur 9 kursi, artinya butuh 6 kursi lagi dan itu butuh kerja keras," sampainya.

Karena itu, lanjut Benny, ada kemungkinan Hanura mengusung Balon Kada dari kalangan kader sendiri bersama partai lain yang mengusung Balon Kada dari kadernya. "Bisa saja kami dengan partai lainnya yang juga punya kursi di DPRD Provinsi Bengkulu berkolaborasi mengusung kader masing-masing. Ya, semua kita lihat saja nanti. Karena DPD lebih paham seperti apa cara kerjanya di daerah.

Tetapi kita tegaskan, dari DPP memberikan hak spesial untuk mengusung kader sendiri. Kan ada pak Muslihan. Dia ini ditantang oleh pak Oso (Ketum Hanura, red) untuk mengusung kader. Lantaran selama ini, Hanura di Bengkulu hanya menjadi pengusung dan pengusung. Kenapa tidak kita mengusung kader sendiri pada Pilkada serentak tahun depan. Kalau nanti kader yang sudah diberikan hak spesial untuk maju, tapi tidak ada yang ingin maju atau ada pertimbangan 1 dan 2 hal, maka, partai kami tentu akan mengusung dari luar kader. Dengan melihat secara seksama siapa yang bakal diusung tersebut," pungkas Benny.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu, H. Muslihan DS, S.Sos, MM menjelaskan, pihaknya sudah membuka penjaringan Balon Kada baik itu gubernur  dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati. "Penjaringan telah kita buka, tapi untuk Balon gubernur dan wakil gubernur belum ada yang mendaftar.

Namun kalau untuk bupati dan wakil bupati, disetiap kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada sudah ada Balon yang mendaftar.     Untuk penjaringan Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati akan kita tutup 18 Oktober ini," terangnya.

Mantan Bupati Rejang Lebong dan Bengkulu Utara ini menambahkan, pihaknya di daerah hanya melaksanakan penjaringan Balon Kada. Sebab penentuannya tetap diputuskan oleh DPP Hanura. "Kita membuka penjaringan ini tujuannya agar tidak terlambat dan memberi peluang seluas-luasnya kepada Balon Kada yang ingin maju lewat partai kita. Nanti, hasil penjaringan akan kita serahkan ke DPP dan DPP-lah yang memutuskannya. Untuk hak spesial yang diberi pada kader tetap dipertimbangkan. Kalau pertanyaannya saya maju atau tidak, ya Pilwagub kemaren saja saya kalah," tutup Muslihan. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait