Film Produksi Siswa SMKN 3 Kota Bengkulu Patut Diancungi Jempol

Kamis 17-10-2019,09:01 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>   BENGKULU  >>>   Karya jurnalistik siswa jurusan Seni Broadcasting dan Film Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bengkulu, patut diancungi jempol. Hasil karya yang mereka produksi sendiri, dari pembuatan naskah, hingga menjadi sebuah film dokumenter jurnalistik berkualitas.

Kemarin, sebanyak 13 film fiksi dan non fiksi hasil karya jurnalistik siswa kelas XI ditampilkan dihadapan kelas X, dewan guru SMKN 3, para alumni dan tamu undangan yang hadir memadati pemutaran film tersebut, bertempat di salah satu hotel ternama Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Kepala SMKN 3, Eva Yuliarzi melalui guru Seni Broadcasting dan Film Sekolah, Eko Pebrian Jaya mengatakan, kegiatan pemutaran hasil karya siswa kelas XI ini, sebagai bentuk apresiasi mereka yang sudah bekerjakeras, dalam membuat karya jurnalistik yang berkualitas dilihat oleh ratusan pasang mata yang hadir. "Dari 13 karya jurnalistik yang ditampilkan, akan ada peringkat, satu, dua dan tiga. Serta memberikan penghargaan bagi kru-kru terbaik, seperti sutradara, kameramen dan editor terbaik," ujar Eko pada RADAR BENGKULU, kemarin.

Dijelaskannya, untuk pembuatan karya jurnalistik siswa tersebut, siswa sudah mempersiapkannya dari beberapa bulan yang lalu. Sebagai pembelajaran produktif  di SMK, dalam bentuk praktik di lapangan, seperti syuting film, editing dan lain-lain. "Kegiatan ini juga dapat memotivasi siswa kelas X, untuk membuat karya jurnalistik lebih bagus dari kakak tingkatnya sekarang. Setelah mereka naik kelas XI nanti," terangnya.

Pembuatan karya siswa tersebut, diawali dengan proses pembimbingan dengan dewan guru pembina produktif masing-masing. Hampir tiga bulan proses pengerjaan film, editing dan menjadi hasil karya jurnalistik. Nantinya, siswa yang mengajukan naskah film (produser) ke guru pembina,  program acara yang akan dibuat nantinya, baik itu program TV, ataupun film. "Setelah melewati proses pembuatan hotline, dan disetujui oleh guru pembina, mereka nantinya akan membuat proposal. Jadi, proposal itu diperuntukkan untuk siswa sebagai rambu-rambu peraturan dalam mengerjakan suatu film, tidak asal-asalan syuting dan lain-lain," bebernya.

Berikut 13 karya jurnalistik yang ditampilkan, dari 80 siswa kelas XI terbagi dalam beberapa kelompok, Top News Warta Pagi, Melodi Kebersaman, Untuk Anakku dan Anak Dari Anakku, Jari-jari Harmoni, Santap Kuliner, Pancarona dan masih banyak lagi. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait