Upacara Pakai Sarung Peringati Hari Santri

Selasa 22-10-2019,09:30 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Hari ini, 22 Oktober adalah Peringatan Hari Santri 2019. Bertepatan dengan itu, lembaga jajaran Kementerian Agama RI menggelar upacara menggunakan sarung, baju putih dan berpeci hitam.

"Ya betul, besok (Hari ini,red) akan unik. Pada peringatan hari santri ini jajaran Kementerian Agama akan melaksanakan upacara tak biasa. Yakni upacara dengan menggunakan sarung, baju putih, berpeci bagi laki-laki peserta, petugas, pembina upacara. Sedangkan untuk perempuan menyesuaikan. Kami IAIN Bengkulu akan melaksanakan upacara tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 47 Tahun 2019 tentang pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri," ujar Kasubag Humas IAIN Bengkulu, Sri Ihsan, M.Pd.I.

Menurut Ihsan, upacara menggunakan sarung ini adalah untuk mengenang jasa para santri terdahulu hingga sekarang yang menjaga, ikut berkontribusi dalam menjaga NKRI. Selain itu juga adalah merawat khazanah kearifan lokal yang jadi identitas.

Sri Ihsan juga mengatakan, pihak IAIN Bengkulu sangat bersemangat dan antusias sekali dengan upacara hari santri. IAIN Bengkulu melaksanakan sesuai dengan SE Menteri Agama. Hari Santri 2019 ini bertemakan "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia." (ae2)

Tags :
Kategori :

Terkait