Green Warrior For Genre, Mengajak Remaja Bengkulu Memiliki Life Skill

Selasa 12-11-2019,09:21 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

MENGINGAT banyaknya sampah di Indonesia yang sangat meresahkan masyarakat bahkan mendunia. Berdasarkan penelitian Jenna R. Jambeck Indonesia merupakan penghasil sampah peringkat ke 2 di dunia. Sehingga menjadi cambuk bagi kita masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Bengkulu dan Remaja Bengkulu.

Dia adalah CECE REMARGO OLANDA, pelajar MAN 01 BU yang merupakan Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Bengkulu tahun 2019.

Cece Remargo Olanda menjelaskan program yang dimaksud adalah Green Warrior For Genre atau Prajurit Hijau untuk Genre program itu merupakan kegiatan yang mengajak para remaja untuk meningkatkan life skill  serta menyebarkan virus-virus genre dan menerapkan 8 fungsi keluarga terutama fungsi lingkungan.

      Program ini dilatarbelakangi dengan banyaknya kasus permasalahan remaja yang ada di Bengkulu seperti pernikahan dini, sex bebas, Napza (narkoba) dan masih banyak lagi permasalahan remaja yang terjadi di Bengkulu. “Program ini juga dilatarbelakangi dengan permasalahan sampah yang mana Indonesia saat ini merupakan penghasil sampah peringkat ke 2 di dunia," kata Cece "

      Cece mengungkapkan dirinya menilai melalui green warrior for genre ini bisa meningkatkan keterampilan hidup dengan cara menfasilitasi remaja untuk membuat kerajinan tangan dari sampah-sampah yang sudah tidak terpakai yang memiliki nilai jual sehingga bisa menambah pendapatan remaja itu sendiri. Dan juga bisa menyebarkan informasi-informasi mengenai permasalahan remaja yang ada di Prov Bengkulu yang nantinya juga bisa memberikan dampak yang positif bagi remaja Bengkulu.

Remaja diharapkan mempunyai life skiil atau keterampilan sehingga bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif. Life skill sama dengan keterampilan hidup yang artinya adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar, yang memungkin seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan hidupnya sehari-hari secara efektif ( Depkinas 2002 ). Jenis life skill itu sendiri yaitu keterampilan fisik, keterampilan mental, keterampilan emosional, keterampilan spiritual, keterampilan kejuruan, dan keterampilan menghadapi kesulitan.

Dan kenapa remaja harus mempunyai life skiil "Karena untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangan remaja diantaranya pertumbuhan fisik, mental, emosional, spiritual Dll,” ujar Cece.

Cece pun membentuk suatu team yang dinamakan Green Warrior For Genre  yang artinya Prajurit Hijau Untuk Genre merupakan prorgram yang mengajak remaja untuk memiliki life skill serta menerapkan 8 fungsi keluarga terutama fungsi lingkungan.

Adapun Metode yang dilaksanakan para Green Warrior For Genre mengumpulkan sampah untuk didaur ulang untuk membuat kerajinan tangan serta menyebarkan virus-virus genre melalui KIE baik secara langsung maupun online. Program ini mendukung program dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Luhut B. Panjaiatan) dan Menteri Lingkungan Hidup (Siti Nurbaya) ”Gerakan Indonesia bersih,“ sebagai upaya menangani masalah sampah di Indonesia.

      Green Warrior For Genre  sendiri telah terlaksana sejak bulan Februari 2019, dan telah terbentuk di 4 titik baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Karena Cece Remargo Olanda adalah sebagai Duta Gendre Provinsi Bengkulu yang mewakili Bengkulu Utara Cece mengajak Remaja BU yang terbentuk dalam team Green Warrior For Genre berkolaborasi dengan KPA Kispala Bengkulu dalam dalam membersihkan Taman Kota Arga Makmur dan Green Warrior For Genre mengajarkn Life Skill kepada remaja dengan membuat keranjang minum dari sedotan plastik.

Kepala  MAN 01 BU Mulyanto, M.Tpd. mengatakan "Program ini sangat bermanfaat bagi remaja dan lingkungan yang mana para remaja bisa memiliki life skiil, mengetahui permaslahan remaja yang berguna untuk menyongsong bonus demografi tahun  2030 dan Indonesia Emas tahun 2045.”(bri)

Tags :
Kategori :

Terkait