DPRD Provinsi Bengkulu Akan Tindaklanjuti Aspirasi Warga Selagan Raya

Rabu 19-02-2020,10:46 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Badrun: Ini Penting, Menyangkut  Kelangsungan Hidup Masyarakat

RBO  >>>   BENGKULU   >>>  Permintaan warga masyarakat yang disampaikan oleh Camat Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko Khairul Saleh S.KM, MM dapat respon positif dari anggota  dewan Provinsi Bengkulu.  Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama DPRD Provinsi siap membantu mengatasi berbagai persoalan seperti pelapis tebing, jembatan dan pembuatan tanggul Desa Sungai Gading untuk atasi banjir hingga jalan Bengkulu-Kerinci Jambi. Hanya saja, itu dilakukan secara bertahap.

Menurut Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, H. Badrun Hasani SH, MH untuk menyelesaikan berbagai persoalan tersebut akan dibagi sesuai kewenangan masing-masing. “Memang apa yang disampaikan oleh Camat Selagan Raya itu sangat penting. Hanya saja kalau untuk APBD Tahun 2020 ini, kan sudah selesai, sudah disahkan. Mungkin tahun 2021 nanti untuk Kabupaten Mukomuko khusus Kecamatan Selagan Raya akan kita anggarkan. Tapi hal ini akan kita bicarakan dengan pihak PUPR, dan programnya di tahun 2021 di samping pemerintah provinsi. Dalam hal ini pemerintah kabupaten juga punya kewenangan. Sebab itu akan kita bagi kewenangannya nanti dengan melibatkan dinas PUPR provinsi serta PUPR Kabupaten Mukomuko,” ungkap Badrun Hasani, Selasa (18/2).

Dijelaskan oleh politisi Golkar Dapil Kabupaten Mukomuko tersebut, nanti diinventarisir terlebih dahulu. Mana yang jadi kewenangan kabupaten dan yang tidak bisa di back up oleh kabupaten, maka akan mereka arahkan ke APBD provinsi.

“Apakah itu nanti di Balai Sungai, apa di PUPR nya yang membidangi balai wilayah sungai VII untuk pelapis tebing. Tapi yang pasti kalau untuk APBD murni ada di tahun 2021, kecuali pemerintah provinsi bisa mengalokasikannya dari dana bencana. Kalau memang sifatnya darurat, dana bencana itu bisa dialokasikan kesana. Tapi ini perlu dikoordinasikan lagi dengan Pak Gubernur. Kalau APBD provinsi tahun ini sudah ketok palu. Tinggal pelaksanaan programnya lagi. Untuk Mukomuko tahun ini dari provinsi ada pembangunan jalan senilai Rp 6 Miliar, Jalan menuju SP II antara Penarik dan Lubuk Pinang. Ada jalan provinsi disana sekitar 2 KM. Ditambah juga ada bantuan mesjid, bantuan sekolah dari aspirasi dewan, serta bantuan alat tangkap nelayan,” jelas Badrun.

Pada prinsipnya, lanjut Badrun, dia sepakat dengan yang disampaikan oleh masyarakat Selagan Raya. Itu sangat penting. Karena, menyangkut kelangsungan masyarakat kedepan. “Menurut saya, agar tidak terjadi lagi banjir bandang, memang harus segera ditindaklanjuti. Apalagi kalau sifatnya bencana, kabupaten juga punya anggaran itu. Dan saya memang sudah mendengar aspirasi masyarakat Selagan tersebut. Mungkin saat reses kedepan, akan kita jadwalkan pertemuan disana,” pungkas Badrun. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait