Persiapan Wonderful 2020, Transportasi Urus Perizinan

Kamis 20-02-2020,11:12 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Memasuki tahun 2020 ini, Pemda Provinsi Bengkulu berupaya untuk mempersiapkan Wonderfull 2020 Bengkulu. Maka untuk mempersiapkan ini tentunya perlu sinergiritas bersama semua stakholder yang ada. Transportasi pun menjadi faktor utama dalam menyukseskan wonderful 2020 ini.

Terkait persiapan ini Kepala Jasa Raharja Bengkulu Abdul Haris, mengatakan terkait dengan permasalahan transportasi umum yang ada di Bengkulu, pihaknya mengajak stekholder terkait untuk mencari solusi bersama. Agar dapat membahas apa yang diperlukan dalam mempersiapkan peranan dalam wonderfull 2020 tersebut. Dirinya menerangkan, banyak masyarakat saat ini menanyakan status keamanan kendaraan umum tentunya ini menjadi penilaian bagi para pengunjung maupun turis luar nantinya.

"Menyangkut tentang perizinan, kendaraan yang berkeselamatan. Dari pantauan kami memang dari kejadian kecelakaan bus Sriwijaya kemarin. Banyak sekali masyarakat yang mempertanyakan keamanan kendaraan umum," kata Haris dalam kegiatan pembahasan Peran Usaha Angkutan Penumpang Umum Dalam Rangka Mendukung Wonderful Bengkulu 2020 di salah satu Hotel Bengkulu.

Dirinya pun membeberkan saat ini bahkan masyarakat banyak yang mengeluhkan dan khawatir dengan angkutan yang belum berizin, namun sudah beroperasi di jalanan. Ditakutkan kejadian yang dialami salah satu bus dari PO di Bengkulu, kembali terjadi.

"Kalau kendaraan yang memiliki izin kami dari Jasa Raharja bisa memberikan asuransi apabila mengalami kecelakaan," tambahnya. Dirinya berharap agar para pelaku di bisnis transportasi atau travel yang belum memiliki izin ini. Dapat mengurus perizinannya sehingga angkutan tersebut bisa dinyatakan sebagai angkutan yang layak. Forum diskusi itu, lanjut Haris, juga bertujuan untuk mendorong pengusaha jasa transportasi untuk mengurus izin usahanya sehingga para pengguna mendapatkan perlindungan asuransi.

“Ada dua belas pengusaha yang sudah memiliki izin, namun masih banyak pengusaha yang tidak memiliki izin, yang tidak memiliki izin inilah kita dorong bersama untuk mengurus," sampai Haris.

Sementara itu Asisten III Bidang Administrasi Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan pihaknya pelaku usaha transportasi untuk tertib dalam menjalankan usahanya. Mengingat sebagai salah satu sektor yang berperan dalam perkembangan pamor pariwisata Bengkulu. Misalnya dengan melengkapi kelengkapan administrasi, keamanan dan keselamatan. Sehingga para pengguna jasa angkutan umum itu merasa aman dan nyaman. Secara tidak langsung hal itu juga mendukung Bengkulu menjadi destinasi wisata bagi para pelancong.

“Kita menginginkan peran penggiat usaha jasa transportasi, bagaimana menyediakan transportasi yang aman dan nyaman,” ucap Gotri.

Selain faktor kendaraan, sambung Gotri, perlu dilakukan edukasi bagi para sopir kendaraan, baik untuk pemahaman cara berlalu lintas maupun wawasan umum khususnya tentang objek pariwisata yang ada di provinsi Bengkulu.

“Para driver hendaknya juga komunikatif dan membantu mempromosikan destinasi wisata, sehingga para wisatawan tertarik untuk mengunjungi berbagai objek wisata kita,” imbuhnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait