Dengar Keluhan Masyarakat Selagan Raya, Gubernur Rohidin Berikan Solusi Langsung

Senin 24-02-2020,09:33 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>  MUKOMUKO   >>>   Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah pada Minggu (23/2) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko. Ribuan masyarakat Selagan Raya, menyambut kehadiran Gubernur beserta jajarannya.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat yang diwakili langsung oleh Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, SKM, M.Si menyampaikan beberapa persoalan yang dihadapi masyarakat setempat. Pertama soal bencana banjir yang kerap melanda wilayah Selagan Raya, khususnya Desa Sungai Gading.

Luapan Sungai Gading dan Sungai Selagan yang hampir terus terjadi saat musim hujan, diduga kuat lantaran adanya sumbatan arus sungai Gading yang disebabkan karena ada tumpukan material batu dan pasir tepat di depan Muara Sungai Gading yang bermuara di Sungai Selagan.

"Kami sangat berharap ada pengerukan material tersebut yang telah menjadi pulau batu. Itulah salah satu yang menjadi penyebab daerah kami kerap banjir," sampai Camat.

Selain itu, wacana pembukaan jalan tembus Selagan Raya - Lempur yang menghubungkan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu - dengan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, kembali disampaikan dengan Camat langsung kepada Gubernur.

Kata Camat, wacana tersebut sangat dinanti oleh masyarakat Mukomuko, khususnya Selagan Raya yang sudah tidak sabar ingin terhubung langsung dengan saudara-saudara di Kabupaten Kerinci. Camat menyatakan, masyarakat siap mendukung penuh wacana tersebut, dengan berkomitmen memberikan jaminan kelestarian alam di sekitar jalan itu nanti, baik secara pemerintahan maupun adat.

"Kita akan buat Pemdes masing-masing desa nanti. Dan secara adat akan kita perkuat dengan aturan adat untuk menjaga alam sekitar yang dilintasi jalan penghubung Selagan Raya - Lempur," demikian Camat.

 Jawaban Gubernur

Mendengar apa yang disampaikan Camat atas nama masyarakat, Gubernur menjawab dengan tegas, dan langsung memberi solusi. Pertama, ia menanggapi soal banjir dan pengerukan tumpukan material di Muara Sungai Gading.

Gubernur memastikan akan menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan dihadapan ribuan masyarakat, ia langsung memerintahkan Kadis PUPR Provinsi Bengkulu yang juga turut mendampingi Gubernur, untuk langsung mengeksekusi permintaan masyarakat Selagan Raya.

"Tolong Bu Kadis, kitakan punya alat berat. Kalau yang kita belum bisa dipakai, coba koordinasi dengan perusahaan disini untuk membantu. Tolong selesaikan permintaan masyarakat Selagan Raya ini," instruksi Gubernur.

Terkait pembuatan jalan baru Selagan Raya - Lempur, gubernur mengatakan memang rencana itu menjadi prioritas Pemprov kedepan. Diuraikan Gubernur, ada empat rencana pembukaan jalan baru yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi tetangga. Pertama, Mukomuko dengan Kerinci. Yakni ruas jalan Selagan Raya - Lempur. Kemudian Kabupaten Lebong dengan Sarolangun Jambi. Seluma dengan Empat Lawang, Sumsel dan jalan tembus Kaur dengan Sumsel.

"Itu rencana kita ke depan untuk kemajuan Bengkulu. Dengan dibukanya akses Tol, maka Bengkulu menjadi teras Sumatera. Secara otomatis akses baru yang saya sebutkan tadi sangat dibutuhkan Bengkulu. Dan ini kami sudah beberapa kali menggelar rapat bersama Kementerian PUPR RI," sampai Gubernur. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait