Magang Berakhir, Mahasiswa KPI IAIN Bengkulu Siap Menjadi Jurnalis Handal

Rabu 04-03-2020,22:04 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Pelepasan Mahasiswa PPL Media Massa KPI IAIN Bengkulu

RBO, BENGKULU - Selama dua bulan tepatnya dari 3 Januari sampai 4 Maret 2020, mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bengkulu, melaksanakan mata kuliah PPL Media Massa di Harian RADAR BENGKULU .  Kemarin, keenam mahasiswa KPI yang magang  ini, Henny Ayu Purwanda, Afifah Fadhilah, Tarmizi, Elpa Nopitasari, San Surya dan Ridho Fans Amelta, mereka berpamitan pada seluruh keluarga besar RADAR BENGKULU. Karena sudah menyelesaikan PPL Media Massa disana.

"Terima kasih pada mahasiswa KPI yang sudah magang selama  dua bulan disini. Apalagi, sebagai mitra kerja yang baik dengan IAIN Bengkulu, setiap tahun pasti ada mahasiswa KPI yang magang disini, mereka juga diajarkan bagaimana belajar cara mencari bahan berita, lalu menulis berita menjadi bahan informasi bagi masyarakat," ujar GM RADAR BENGKULU, H. Syah Bandar, S.Pd dalam sambutannya.

Dia juga mengatakan, ilmu yang mereka dapat selama di lapangan jangan hilang begitu saja. Jadikan pengalaman bertemu dengan orang-orang besar (pejabat) di Bengkulu untuk meningkatkan kualitas diri lebih baik. Khususnya di bidang jurnlistik. "Jadi mereka sudah paham, sebelum mencari berita rapat proyeksi terlebih dahulu. Setelah proyeksi baru ke lapangan untuk peliputan yang ditugaskan, mengelolah hasil wawancara dengan narasumber, dan menulisnya jadi sebuah berita, tinggal diasah lagi nantinya. Seperti inilah kalau bekerja di media cetak," tuturnya.

Syah Bandar juga berpesan pada mahasiswa KPI ini agar cepat menyelesaikan S1 nya di IAIN Bengkulu. Setelah itu, dapat melanjutkan S2. "Umur seperti kalian ini kan masih semangat-semangatnya, jadi isilah waktu yang bermanfaat. Jangan ditunda-tunda kalau ada niat mau melanjutkan ke S2, nanti rugi umur," pesannya.

Sementara itu, Ridho Fans Amelta perwakilan dari teman-teman KPI yang magang di RADAR BENGKULU, mengaku sangat berterima kasih dengan ilmu, wawasan dan pengalaman berharga belajar menjadi jurnalis yang profesional. "Kami setiap pagi selama dua bulan ini, pasti ke kantor rapat proyeksi bersama Azmaliar Zaros sebelum ke lapangan mencari berita. Pastinya kami akan merindukan hal tersebut. Sekali lagi terima kasih pada keluarga RADAR BENGKULU  sudah menerima kami dengan baik. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekhilafan dari ucapan ataupun tingkah laku kami disini," ucapnya.

Disisi lain, Pembimbing Lapangan (Pamong) Azmaliar Zaros yang merupakan Wakil Pimpinan Perusahaan mengatakan, keenam mahasiswa KPI ini sudah bagus dalam menulis berita. Hanya saja, lebih ditingkatkan kualitas diri. Niatkan dalam hati untuk serius dalam belajar jurnalistik. "Dari keenam mahasiswa ini, sebahagian besar sudah bagus dalam membuat berita, tapi sebagian kecil yang masih perlu dibina lagi. Itu hal biasa saja dalam belajar. Kalau mereka tekun, in sya Allah bisa juga baik juga ke depannya," kata Bang Yar -- sapaan akrabnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait