Ini Periotitas Pembangunan Pemdes Kalbang 2020

Senin 09-03-2020,21:24 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO,   ARGA MAKMUR - Pemdes Kalbang, Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melalui kepala desanya mengungkapkan, ada beberapa item rencana pembangunan fisik yang menjadi skala prioritas pemdes dalam APBDes 2020 ini. Yaitu, Pembangunan Jalan Rabat beton dan membangun Lapangan olahraga, baik realisasi dari sumber APBD BU yakni pembangunan Bendungan, irigasi dan peningkatan jalan usaha tani dan pembangunan lainya maupun bersumber dari Provinsi.

Sedangkan sub bidang Pemberdayaan/pelatihan masyarakat, tidak dapat dipisah kan dari pembangunan, semua menjadi prioritas untuk dibangun pemdes dari realisasi APBDes tahun 2020 tersebut dan akan disesuaikan dengan alokasi anggaran yang ada nantinya.

Dipaparkan Kades Syahmembi, saat ditemui jurnalis diruang kerjanya kemarin, saat ini desanya memiliki penduduk sebanyak  724 jiwa dan KK sebanyak 221 Kepala Keluarga yang tersebar di wilayah III dusun.

Sedangkan untuk realisasi APBDes tahun 2019 lalu yakni Pembangunan Buka badan jalan Penghubung dusun II kedusun III panjangnya 2km dan Jembatan Beton terletak di dusun II panjangnya 10 meter lebar 3 meter, pembangunan tersebut telah dirampungkan pengerjaan dan pelaksanaannya oleh pemdes lewat TPK yang masing-masing.

Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat telah selesai dilaksanakan dan telah pula rampung SPJ administrasinya. Begitu pula dengan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur desa realisasi APBDes 2019 lalu, dikerjakan dengan pola padat karya tunai sesuai dengan RAB, volume serta aturan yang ada. "Pemdes Kalbang berharap baik itu kepada masyarakat sekitar agar dapat menjaga dan sama – sama merawat, memelihara apa saja yang sudah dibangun di Desa Kalbang agar desa nantinya dapat lebih maju lagi," tutup dia.(bri)

Tags :
Kategori :

Terkait