Kelola PP Secara Maksimal, Bukan untuk Diperdebatkan

Selasa 10-03-2020,20:38 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Rohidin: Masyarakat Agar Berperan Aktif

RBO, BENGKULU - Menurut Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah penertiban dan pembinaan, baik pada pedagang ataupun masyarakat pengunjung jauh lebih penting dalam memaksimalkan pengembangan wisata. Ini disampaikan Rohidin ketika dikonfirmasi terkait keluhan pengunjung di lokasi depan Pasir Putih kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu yang sempat viral di media sosial (Medsos). "Memang sejauh ini pasca pembangunan fasilitas penunjang di lokasi wisata tersebut, belum ada penyerahan baik pada Pemprov ataupun Pemkot Bengkulu. Namun dalam masalah ini hal yang paling prinsip itu bukan soal siapa yang mengelola, melainkan bagaimana masyarakat bisa berperan dalam pengembangan lokasi wisata itu," ungkap Rohidin, Selasa (10/3).

Sehingga, lanjut Rohidin, bagaimana menertibkan masyarakat yang berjualan di lokasi wisata itu. Menertibkan yang dimaksud tidak saja dalam konsep pelayanan dari sisi pariwisata. "Tapi juga bagaimana para pedagang menjaga kebersihan lokasi. Termasuk juga standar harga dari kuliner yang mereka jual," kata Rohidin.

Dari sini, sambung Rohidin, juga penting yang namanya pembinaan. Karena yang berjualan di lokasi yang sempat dikeluhkan pengunjung itu merupakan masyarakat Kota Bengkulu, jadi Pemkot diharapkan bisa melakukan pembinaan. "Sedangkan kita dari Pemprov, lebih mengarah pada pembangunan fasilitas penunjang seperti yang ada saat ini. Penting juga, bagaimana pedagang itu tidak merasa mengklaim lokasi itu miliknya," ujar Rohidin.

Menurutnya, di lokasi yang dikeluhkan pengunjung itu, tidak ada yang namanya diperjualbelikan atau juga disewakan. Namun itu tadi, aturan ini Pemkot yang mengaturnya.

"Intinya ayo sama-sama kita ciptakan tertib wisata, sehingga nantinya berdampak positif terhadap pengembangan wisata yang ada di daerah untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung," tegasnya. Lebih jauh dikatakannya, yang jelas untuk siapa yang mengelola, sebenarnya itu bukanlah hal yang patut diperdebatkan. Sebaliknya bagaimana potensi wisata itu bisa terkelola secara maksimal, sehingga bisa memberikan dampak baik terhadap pembangunan daerah ataupun pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Jika ini diterapkan, saya yakin potensi wisata bisa dimaksimalkan pengembagannya," tutup Gubernur. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait