Bappeda Usulkan Program BSPS 2000 Unit

Senin 23-03-2020,20:22 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, KEPAHIANG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepahiang tahun ini mengusulkan progran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 2000 Unit. Saat ini, usulan tersebut sudah disampaikan ke kementerian pusat dan tinggal menunggu berapa jumlah yang diakomodir. "Kalau usulan kita banyak ada sekitar 2000 Unit. Tetapi kita belum tahau berapa yang akan diakomodir," ungkap Plt Kepala Bappeda Kepahiang, Feri Irawan, ST.

Dijelaskan Feri, kalau tahun 2019 lalu program BSPS yang diakomodir untuk Kabupaten Kepahiang sekitar 200 Unit. Dia berharap ditahun 2020 ini ada penambahan setidaknya diakomodir sekitar 500 an dari jumlah usulan. "Harapan kita dari 2000 Unit yang diusulkan itu, mudah-mudahan bisa diakomodir sekitar 500 Unit," imbuhnya.

Lanjutnya, ukuran masyarakat penerima program BSPS ini adalah orang tidak mampu. Ukurannya adalah orang yang pengeluarannya dalam satu bulan di bawah Rp 440.000. Kemudian usia dan pendidikannya. "Diprioritaskan orang yang sudah usia lanjut, pengeluarannya Rp 440.000 perbulan. Bedasarkan data yang kita peroleh di Kabupaten Kepahiang ini ada sekitar 2000 orang yang pengeluarannya dibawah Rp 440.000 perbulan, semuanya sudah kita data dan sudah kita usulkan untuk mendapatkan program BSPS ini," jelas Feri.

Ditambahkan, program BSPS ini adalah bertujuan untuk merangsang penerima untuk meningkatkan kebutuhan primernya. Sepertinya pembangunan rumah, dalam program BSPS ini bukan berarti 1 Unit rumah yang dibangun. Tetapi memberikan bantuan material dengan nilai total Rp 17,5 Juta. "Program BSPS ini beda dengan program bantuan bedah rumah dari Dinas Sosial dan Baznas. Yang membedah 1 Unit rumah dengan membangunnya dengan utuh," demikian Feri.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait