Anggota Dewan Minta Pemprov Bantu Atasi Masalah Luapan Sungai Selagan

Jumat 27-03-2020,20:25 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU – Sungai Selagan, Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko kembali meluap akibat hujan terus menerus dalam beberapa hari terakhir. Untuk itu anggota Dewan Provinsi Bengkulu dari Dapil Mukomuko, H. Badrun Hasani SH, MH meminta pihak berwenang, pemerintah daerah provinsi serta kabupaten hendaknya segera mengatasi masalah tersebut.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya yang memungkinkan untuk mengatasi luapan air Sungai Selagan itu, bisa menggunakan dana APBD tahun 2021. Tapi kalau itu sifatnya mendesak karena bencana, mungkin bisa dicoba dengan PU Provinsi apakah bisa lewat anggaran dana bencana yang ada di BPBD,” ungkap Badrun Hasani saat dihubungi, Jumat (27/3).

Luapan Air Sungai Selagan itu, adalah musibah bencana alam. Maka, bisa menggunakan dana bencana. “Sementara kita saat ini memang fokus dengan wabah Covid-19. Dana banyak akan dialihkan kesana. Kemudian kami juga selaku anggota dewan ini tidak bisa mengeksekusi anggaran. Selain dari BPBD provinsi, nanti juga bisa dari BPBD kabupaten guna mengatasi banjir luapan air Sungai Selagan itu,” kata Badrun yang merupakan politisi Partai Golkar tersebut.

Akan tetapi untuk penanganan luapan air Sungai Selagan ini secara jangka panjang, ia menegaskan memang akan dilakukan oleh provinsi. Dimana Gubernur Dr H. Rohidin Mersyah juga sudah berjanji akan memprioritaskan anggaran untuk menanggulangi luapan air Sungai Selagan tersebut.

“Tapi itu baru tahun 2021 bisa kita anggarkan dalam APBD. Sedangkan pembahasan APBD itu sendiri bulan September baru dimulai. Harapan saya dalam kondisi cuaca musim hujan saat ini, agar masyarakat sekitar aliran Sungai Selagan hendaknya dapat hati-hati. Tetap waspada. Ketika air mulai meluap, segera mengamankan diri dan keluarga. Jangan sampai ada korban jiwa. Jangan sampai ada korban lebih besar akibat luapan sungai tersebut,” pungkas Badrun. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait