Ritual ” Mujo Dusun”  Cegah Virus Covid 19

Jumat 03-04-2020,14:14 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, SELUMA- Banyak upaya pencegahan masyarakat di Kabupaten Seluma dalam mewaspadai mewabahnya virus Covid 19, dari mulai menjaga pola hidup bersih dan sehat, penyemprotan disinfektan hingga kegiatan ritual adat yang dinamakan "Mujo Dusun".

Ritual adat Mujo Dusun ini seperti yang dilakukan masyarakat di Kelurahan Kembang Mumpo, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) pada Kamis (2/4) pagi. Tidak hanya di Kecamatan SAM, ritual Mujo Dusun yang merupakan budaya dan kearifan lokal di Bumi Serasan Seijoan ini secara bersamaan juga dilakukan masyarakat Desa  Penago Baru, Kecamatan Ilir Talo. "Ritual Mujo Dusun merupakan ritual adat yang sebenarnya sudah dilakukan secara turun temurun warisan leluhur, untuk mencegah agar desa terhindar dari bencana, salah satunya sebagai upaya tolak bala ditengah mewabahnya virus covid 19," sampai Saat Udin, tokoh adat warga Kelurahan Kembang Mumpo, Kamis (2/4).

Biasanya acara Mujo Dusun diadakan setiap kali terjadi bencana, diawali dengan berziarah ke makam puyang pembuat dusun. Lalu dilakukan ke tempat penjemuran padi dan pemasangan syarat yang di tempatkan di tepi sungai. Disamping itu, beraneka macam sesaji dan beragam makanan khas masyarakat Serawai juga disandingkan. " Usai doa bersama, sesaji beraneka macam makanan disantap secara bersama-sama," sampainya. (One)

Tags :
Kategori :

Terkait