Sabtu 18 April, Ribuan Warga Kota Mulai Dapat Sembako

Jumat 17-04-2020,21:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Ingat yang Hanya Ada di Rumah

RBO, BENGKULU - Hari ini ribuan warga Kota Bengkulu mulai mendapat sembako gratis dari Pemda Kota. Hari pertama 18 April ini dibagi di 4 kecamatan di Kota Bengkulu yaitu Teluk Segara, Muara Bangkahulu, Sungat Serut dan Kampung Melayu. Sembako dari Pemerintah Kota (Pemkot), berupa 20 Kg beras dan 2 dus mie instan. Kemarin (Jumat pagi), Pemkot sudah melakukan simulasi, dan prosedur penyerahan sembako dengan sistem door to door.

      Tata cara penyerahan sembako ini, langsung diperagakan oleh Walikota Bengkulu, Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota, Dedy Wahyudi di Kelurahan Pasar Baru. Untuk sebagai gambaran, yang harus dilakukan oleh masing-masing camat, lurah dan ketua RT saat mendistribusikan sembako ke rumah-rumah warga nantinya.

      Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, simulasi tersebut sangat penting dilakukan, sebab sembako yang akan dibagikan cukup banyak. Targetnya, seluruh warga Kota Bengkulu masing-masing dapat 20 Kg beras dan 2 dus mie instan, kecuali bagi warga yang tidak mau menerima. Simulasi dilakukan di 10 rumah warga Kelurahan Pasar Baru.

"Simulasi ini,  menjadi gambaran untuk hari ini. Program ini sengaja kami canangkan untuk mengimbau, mengajak dan merayu warga untuk tetap berada di rumah selama wabah Covid-19. Mungkin tidak senilai dengan waktu yang dihabiskan oleh masyarakat di rumah, tapi semoga bisa sedikit membantu dan semoga berkah," ujar Helmi Hasan.

      Diungkapnya, di Negara lain, masih ada warga yang dipaksa masuk rumah sampai ditangkap, dipukul, ditahan. Berbeda di Kota Bengkulu, pemerintah lebih humanis. "Kami senangnya merayu masyarakat, agar masyarakat di rumah saja, pemerintah yang akan melayani. Di rumah sementara, bahagia selama-lamanya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu, Alex Periyansyah, mengimbau masyarakat untuk stay at home sehingga pendistribusian sembako nanti, supaya sesuai dengan apa yang sudah disimulasikan tadi.

"Masyarakat agar tetap berada di rumah, pemerintah datang melayaninya. Maka kami minta camat, lurah, RT khususnya jangan mengumpulkan warga tapi antar ke rumah-rumah warga. Kalau ada warga yang tidak mau menerima ya tidak apa-apa. Nanti dibuat berita acara berapa jumlah warga yang menerima dan berapa warga yang menolak," terangnya.

Mengenai jadwal pendistribusian sembako, terdapat 3 tahapan, di tahap pertama tanggal 18-19 April. Tahap kedua 25 April dan tahap ketiga tanggal 2 Mei. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait