Hari Ini Bertambah 23 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19, Didominasi Tenaga Kesehatan dan Status OTG

Sabtu 09-05-2020,18:07 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Seprovinsi Bengkulu Total Sudah 37 Kasus Covid-19, Harus Patuhi Protokol Kesehatan   RBO, BENGKULU - Positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu terus bertambah. Berdasarkan rilis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu terkait perkembangan Covid-19, per tanggal 9 Mei 2020, kasus terkonfirmasi pasitif Covid-19 terus bertambah, kini sudah mencapai angka 37 kasus. Untuk kasus positif terbaru sebanyak 23 kasus, dari 23 kasus tersebut, didominasi berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) 17 kasus. " Kasus konfirmasi positif hari ini, Kota Bengkulu 15 orang, Bengkulu Utara 3 orang, Seluma 2 orang, Kepahiang 1 orang, Bengkulu Tengah 1 orang dan Mukomuko 1 orang. Selain penambahan kasus konfirmasi positif, juga ada penambahan dari hasil rapid test dinyatakan reaktif sebanyak 5 orang. Penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 11 orang," ujar Jubir Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan, SE, MM dalam konfrensi pressnya.

Dijelaskannya, untuk kasus 15 positif Covid-19, jenis kelamin perempuan, usia 28 tahun, asal Bengkulu Utara, tidak ada keluhan, status OTG, kasus 15 ini merupakan tenaga kesehatan, saat ini sudah dilakukan karantina di wisma atlit Bengkulu Utara, Kasus 16, jenis kelamin perempuan, usia 30 tahun, asal Bengkulu Utara, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, sudah dilakukan karantina di wisma atlit Bengkulu Utara. Kasus 17, jenis kelamin laki-laki, usia 32 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, merupakan tenaga kesehatan, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 18, jenis kelamin laki-laki, usia 27 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, juga tenaga kesehatan, sedang dirawat di RSHD Kota Bengkulu.

Kasus 19, jenis kelamin laki-laki, usia 36 tahun, asal Kepahiang, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, dilakukan karantina di RS Kepahiang. "Kasus 20, jenis kelamin laki-laki, usia 50 tahun, asal Bengkulu Tengah, gejala klinis yang dialami, demam, muntah, kembung, riwayat penyakit hipertensi, masih dirawat di RSHD Kota Bengkulu, kasus 21, laki-laki, umur 40 tahun, asal kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, sedang dilakukan isolasi mandiri dan persiapan akan dirawat ke RSUD M.Yunus Bengkulu. Kasus 22, perempuan, umur 42 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, saat ini isolasi mandiri dab persiapan juga dirawat ke RSUD M.Yunus.

Kasus 23, laki-laki, usia 38 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, riwayat kontak dengan konfirmasi kasus 12, sedang dilakukan isolasi mandiri. Kasus 24, laki-laki, usia 62 tahun, asal Kota Bengkulu, tenaga kesehatan, tidak ada keluahan OTG, kontak saat memeriksa konfirmasi psoitif Covid-19, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 25, perempuan, usia 46 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada gelaja OTG, tenaga kesehatan, dilakukan isolasi mandiri," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Jaduliwan, kasus 26, laki-laki, umur 54 tahun, asal Mukomuko, gelaja klinis perut membesar, saat ini dirawat di RSHD Kota Bengkulu, kasus 27, perempuan, usia 25 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, riwayat kontak saat pembangilan swab kasus konfirmasi Covid-19, dilakukan isolasi mandiri. Kasus 28, perempuan, usia 45 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, riwayat kontak saat pengambilan swab kasus konfirmasi Covid-19, dilakukan isolasi mandiri, kasus 29, laki-laki, umur 1 tahun, asal Kota Bengkulu, gelaja klinis demam, batuk, dan pilek, riwayat perjalana ke Jambi, kriteria ODP, dilakukan isolasi mandiri. Kasus 30, perempuan, umur 52 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, riwayat kontak saat pemeriksaan pasien konfirmasi 12, dilakukan isolasi mandiri.

"Kasus 31, laki-laki, usia 31 tahun, gelaja klinis sakit tenggorokan dan filek, tenaga kesehatan, riwayat kontak dengan kasus konfirmasi 12, dilakukan isolasi mandiri. Kasus 32, laki-laki, usia 57 tahun, asal Seluma, gejala klinis batik, demam, lemas dan sesak nafas, kriteria ODP, riwayat perjalanan dari Magetan Jawa Timur, dilakukan isolasi mandiri, kasus 33, perempuan, usia 39 tahun, asal Kota Bengkulu, keluhan tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, riwayat kontak saat pemeriksaan pasien konfirmasi Covid-19, dilakukan isolasi mandiri. Kasus 34, perempuan, umur 35 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, tenaga kesehatan, riwayat kontak saat pemeriksaan swab pasien konfirmasi 12, dilakukan isolasi mandiri. Kasus 35, laki-laki, usia 51 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, riwayat kontak saat pemeriksaan pasien konfirmasi 12, dilakukan isolasi mandiri, kasus 36, laki-laki, umur 58 tahun, asal Kota Bengkulu, gelaja klinis batuk, riwayat kontak dengan pasien konfirmasi 12, kasus 37, laki-laki, usia 30 tahun, asal Seluma, gelaja klinis batuk, kriteria ODP, tenaga kesehatan, dilakukan isolasi mandiri," terangnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Kadis Dinkes Provinis, Herwan Antoni, terkait konfirmasi positif Covid-19 hari ini, ada 4 Kabupaten terdapat kasus positif Covid-19. Dari rinciannya, kasus tersebut, terdiri dari tenaga kesehatan, pasien dalam perawatan, sebanyak 23 kasus, OTG 17 kasus, PDP 1 kasus, OPD 5 kasus. "Artinya kalau dilihat kasus konfirmasi ini, sebagian besar didominasi OTG. Untuk kasus konfirmasi di Bengkulu dari 3 kasus itu tenaga kesehatan, salah satunya dokter. Untuk Kepahiang, memang kasus tenaga kesehatan yang melakukan pelayanan dan perawatan kasus positif di RS Kepahiang. Untuk Bengkulu Tengah, kasus positif dimasyarakat yang dirawat di RSHD Kota Bengkulu. Untuk Seluma, termasuk salah satu karyawan dari BPOM Seluma, dan satu kasus dari masyarakat, riwayat perjalanan ke Jawa Timur, dari rapid testnya reaktif, " ungkapnya.

Sedangkan untuk rapid test dinyatakan reaktif sebanyak 5 orang, semuanya dari Kota Bengkulu, tidak ada keluhan OTG, 4 orang sedang dirawat di RS Bhayangkara dan 1 orang isolasi mandiri. "Total ODP 698, ODP dinyatakan sembuh 615, ODP masih dalam pemantauan 83 orang, total PDP 31, PDP sehat 11, PDP menjadi konfirmasi 2, PDP masih dalam pengawasan 6, PDP meninggal 12 orang. Kasus konfirmasi positif 37, 1 pasien sembuh, 19 pasien dirawat/dalam pengawasan, 16 pasien isolasi mandir, 1 pasien meninggal," (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait