Tambah Lagi 9, Jadi 65 Positif, Petugas Kesehatan Terus Berjatuhan

Minggu 17-05-2020,20:42 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

218 Sampel Kini Diperiksa di Palembang dan Unand

RBO, BENGKULU - Dalam kurun waktu dua hari, kasus positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu terus bertambah. Hari Sabtu, 16 Mei 2020 ada penambahan 3 kasus. Sedangkan hari Minggu 17 Mei 2020 kembali bertambah menjadi 9 kasus. Jadi, total kasus positif sudah mencapai angka 65 kasus.

"Untuk penambahan 9 kasus positif hari ini (Minggu-red), kasus 57, jenis kelamin perempuan, usia 42 tahun, petugas kesehatan, asal Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan, Orang Tanpa Gejala (OTG), kondisi pasien baik. Kini sedang dilakukan isolasi mandiri. Kasus 58, perempuan, usia 38 tahun, petugas kesehatan, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri. Kasus 59, perempuan, usia 80 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri. Kasus 60, perempuan, usia 38 tahun, petugas kesehatan, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri. Kasus 61, laki-laki, usia 50 tahun, petugas kesehatan, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri. Kasus 62, laki-laki, usia 36 tahun, petugas kesehatan, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri. Kasus 63, laki-laki, usia 48 tahun, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri. Kasus 64, laki-laki, usia 42 tahun, petugas kesehatan, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri. Kasus 65, perempuan, usia 45 tahun, petugas kesehatan, asal Kota Bengkulu, tidak ada keluhan, OTG, kondisi baik, isolasi mandiri," ujar Jubir Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan, SE, M.M dalam konfrensi persnya kemarin.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Dinkes Provinsi Herwan Antoni, terkait penambahan 9 kasus positif baru, merupakan hasil pemeriksaan sampel swab yang dikirim ke Fakultas Kedokteran Unand Padang. Kemarin malam, pihaknya menerima 196 sampel yang sudah diperiksa, dari 196 sampel tersebut 14 invalid, selebihnya sudah ada hasilnya. Ternyata 196 sampel yang dikirim, 9 sampel hasilnya positif. Saat ini, juga masih ada 218 sampel tersisa di Laboratorium Palembang dan Unand yang belum diterima hasil sampelnya.

"Kemudian, dari 9 kasus baru ini, 7 kasus tenaga kesehatan dengan rincian, 5 kasus di rumah sakit rujukan Provinsi Bengkulu, 2 kasus di jajaran Dinkes Provinsi. Tenaga kesehatan ini, berkaitan dengan cluster kesehatan, pada rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi, kemarin, kami sudah melakukan kontak tracing terhadap rekan kerja, pengambilan swab dari 196 sampel tadi, terdapat 5 kasus positif dari M.Yunus, 2 orang dari jajaran Dinkes, dan 2 orang lagi dari masyarakat umum," jelasnya.

Untuk total Orang Dalam Pemantauan (ODP) 735, ODP dinyatakan sembuh 649, ODP masih dalam pemantauan 86, penambahan ODP hari ini 4 orang, 3 dari Kota Bengkulu, 1 dari Rejang Lebong. Total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 40, PDP dinyatakan sehat 11, PDP menjadi konfirmasi 4, PDP masih proses pengawasan 12, PDP meninggal 13 orang, PDP dilaporkan hari ini 3 orang, 2 dari Kota Bengkulu, 1 dari Rejang Lebong.

"Dari hasil pemeriksaan rapid test yang sudah dilakukan sebanyak 5.693, rapid test dinyatakan non reaktif 5.597, rapid test dinyatakan reaktif 97, rapid test yang sudah dilakukan di Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi hari ini 77 orang," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait