Wan Sui : Mari Sama-Sama Atasi Covid-19

Senin 18-05-2020,21:29 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Jadwal pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini masih belum pasti. Sebab itu, Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu meminta pada seluruh Kepala Daerah (Kada) khususnya incumbent yang akan kembali bertarung nanti agar fokus saja dulu pada Covid-19 di daerahnya masing-masing.

“Kalau mengacu dari Perppu Nomor 02 tahun 2020 itu, untuk pelaksanaan Pilkada serentak sudah dinyatakan ditunda pelaksanaannya dari awalnya bulan September tahun ini. Ada beberapa opsi untuk pelaksanaan Pilkada serentak nanti dengan mempertimbangkan kondisi penyebaran Covid-19. Jika Covid-19 ini mulai reda pada Bulan Juni dan Juli, Pilkada akan dilanjutkan dan pencoblosan pada Bulan Desember tahun 2020. Tapi jika wabah Covid-19 masih belum reda, maka Pilkada bisa dilaksanakan pada Bulan April atau September tahun depan. Jadi bagi para kandidat sebaiknya fokus saja untuk mengatasi Covid-19 ini, tidak usah dulu grasak grusuk Pilkada,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu H. Suimi Fales SH, MH, Senin (18/5).

Saat ini lanjut Wan Sui --panggilan akrab politisi PKB Dapil Kota Bengkulu ini -- penyebaran Covid-19 di Provinsi Bengkulu meningkat. Bahkan dari data gugus tugas Covid-19 sudah terdata sebanyak 65 orang dengan kasus positif. Dan masih menunggu hasil uji swab untuk orang yang dinyatakan reaktif saat rapid testnya jumlahnya ratusan. “Jadi kita hindari dulu perang urat syaraf hanya untuk kepentingan politik, sementara Pilkada sendiri masih belum bisa dipastikan kapan pelaksanaannya. Mari kita sama-sama bahu membahu menyelesaikan Covid-19 ini di Provinsi Bengkulu. Jangan sampai semakin meluas dan kita beserta keluarga menjadi korban virus menakutkan tersebut,” kata Wan Sui.

Selain itu, Wan Sui juga berpesan pada pemerintah daerah bersama tim gugus tugas Covid-19 untuk bisa lebih serius dalam menyelesaikan Covid-19 ini. “Dana refocusing anggaran ada sebesar Rp 38 Miliar, silakan gunakan dana tersebut sebaik mungkin. Siapkan seluruh kebutuhan yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 ini. Jika nanti kedepan memang dananya masih belum cukup guna mengatasi Covid-19 yang ada saat ini, DPRD siap bersama pemerintah untuk kembali menganggarkan tambahan dana. Yang terpenting saat ini kita semuanya sehat terlebih dahulu, yang lainnya urusan belakangan,” singkat Wan Sui. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait